Polda Sulbar Latih Bintara Muda dan Anggota Senkom Jadi Petugas Tracer Covid-19

Senkom Sulbar
Pelatihan Tracer Covid-19 oleh Polda Sulbar kepada anggota Polda Sulbar, Bintara Muda Polda Sulbar, dan Senkom Mitra Polri Sulbar, Rabu (28/7/2021)

MAMUJU, LINES.id – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Pelatihan Tracer Covid-19 di Aula Command Centre Polda Sulbar, Rabu (28/7/2021).

Pelatihan Tracer Covid-19 dibuka Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Polda Sulbar Kombespol Andarias SIK. “Tracer merupakan tugas mulia untuk ikut menanggulangi dan memberantas Covid-19 yang sudah memasuki tahun kedua,” katanya.

Kombespol Andarias berharap agar seluruh petugas tracer bisa fokus mengikuti pelatihan sehingga bisa diterapkan sebaik-baiknya ketika terjun ke lapangan. “Dengan tetap memperhatikan keselamatan dan mengikuti protokol kesehatan,” tandasnya.

Baca juga: Siap Bantu Pemerintah, 254 Personel Senkom Ikuti Pelatihan Relawan Tracer Polda Jambi

Adapun peserta pelatihan sebanyak 100 orang yang terdiri dari anggota Polda Sulbar, Bintara Muda Polda Sulbar dan anggota Senkom Mitra Polri Sulbar. Kombespol Andarias juga mengapresiasi kehadiran Senkom Mitra Polri Sulbar. Menurutnya, senkom menjadi contoh saat melaporkan aplikasi Sistem Informasi Pelacakan Kontak Covid-19 (SILACAK) secara real time.

Pelatihan Tracer Covid-19 diisi dengan pemaparan materi dan praktik simulasi tracing. Hadir sebagai pemateri Kabid Dokkes Polda Sulbar Kombespol dr Asmara Hadi, Biddokkes Polda Sulbar dr. Mauluddin, dan perwakilan Kementerian Kesehatan RI yang hadir secara daring melalui zoom meeting. Pelatihan dipandu Dir Binmas Polda Sulbar Kombespol Andarias SIK dan Kasubid Bintibsos Dit. Binmas Kompol Muh Imbar Bakri SPd SH MH.

Senkom Sulbar
Praktik simulasi tracing
Senkom Sulbar Hadiri Pelatihan Tracer Covid-19

Dalam kesempatan tersebut, anggota Senkom Sulbar yang hadir di antaranya Ketua Arjanto ST MT, Waka Senkom Kabupaten Mamuju Bambang Cahyadi ST MSi, dan dua anggota senkom Muh Akbar dan Ahmad Syaifuddin.

Baca juga: Polres Magelang Gelar Pelatihan Tracer Covid-19 Anggota Senkom Mitra Polri

“Pelatihan ini dilaksanakan guna membekali polri dan polisi masyarakat dalam melakukan tracing/pelacakan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 (bergejala maupun tidak) dan orang yang melakukan kontak erat. “Sehingga mata rantai penyebaran virus Covid-19 ini dapat segera diputus sedini mungkin,” kata Arjanto.

Menurut Arjanto, pelatihan Tracer Covid-19 ini juga memberikan edukasi terkait protokol kesehatan kepada masyarakat di wilayah Sulawesi Barat. “Hasil pelatihan ini harus segera dikoordinasikan dan diterapkan dengan stakeholder terkait lainnya seperti Dinkes, sehingga dapat efektif dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sulbar dalam menekan penyebaran virus ini,” ujarnya.

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.