Pengelola UB dan Koperasi se-Papua Barat Ikuti Pelatihan Manajemen Keuangan

ub dan koperasi
UB Barokah Utama dan UB Mansurin Manokwari mengikuti pelatihan manajemen keuangan yang digelar Balai Diklat UMKM Papua Barat.

MANOKWARI, LINES.id – Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) UMKM Papua Barat pada 12-15 Desember 2022 melaksanakan Pelatihan Manajemen Keuangan bagi Pengelola Koperasi se-Papua Barat.

Pelatihan dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Manokwari dengan diikuti oleh 180 peserta yang terbagi dalam dua angkatan, yang berasal dari pengurus koperasi se-Papua Barat termasuk Usaha Bersama (UB) Barokah Utama dan UB Manshurin Distrik Prafi binaan DPD LDII Kabupaten Manokwari.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Melkias Werinussa SE Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Papua Barat mewakili Paulus Waterpauw Pj Gubernur Papua Barat yang sedang melaksanakan tugas lain.

Mewakili Pj Gubernur Papua Barat Melkias Werinussa SE dalam sambutannya mengatakan bahwa koperasi dalam konteks hidup bermasyarakat Indonesia sudah ada sejak awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tertuang dalam pasal 33 ayat 1 UUD 1945 yang mengatakan perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar pada asas kekeluargaan, hal ini menyiratkan bahwa koperasi adalah bagian yang tak terpisahkan dari sistem pembangunan nasional.

“Bahwa untuk mengelola koperasi dibutuhkan keterbukaan antar pengurus dengan mengutamakan musyawarah mufakat. Melalui pelatihan keuangan bagi pengelola koperasi ini diharapkan bisa membantu pengurus koperasi agar dapat mengatur keuangan koperasi secara terbuka dan benar sehingga koperasi benar-benar berkembang menjadi lebih mandiri,” jelasnya.

Baca juga: BKMT Nurul Aini Binaan LDII Kaimana Ikuti Pelatihan Manajemen Majelis Taklim se-Kota Kaimana

Agus Nauw SSos MSi Kepala Balai Diklat UMKM Papua Barat dalam sambutannya mengingatkan bahwa tujuan pelatihan selama 4 (empat) hari ini adalah agar pengelola koperasi dapat mengelola keuangannya secara baik dan benar sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada para anggotanya. “Kami berharap koperasi yang berada di seluruh Papua Barat dapat lebih maju dan berkembang,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut H Nur Wahid perwakilan pengurus UB Barokah Utama Manokwari sepakat dengan apa yang disampaikan oleh Gubernur dan Kepala Balai Diklat UMKM Papua Barat. Ia berharap peserta dari pengurus UB Barokah Utama dan UB Manshurin yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 20 peserta mampu mengikuti sampai selesai dan dapat menerapkannya dalam pengelolaan koperasi/UB secara komprehensif.

“Sehingga kesalahan-kesalahan sebagai mal praktik atau kesalahan administrasi dalam pelaporan keuangan tidak terulang kembali,” katanya. Tak lupa ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas pelaksanaan pelatihan ini sehingga UB Barokah Utama dan UB Manshurin sebagai koperasi berbasis warga di sekitar masjid/pondok pesantren mendapat pembinaan yang lebih baik dan modern.

Nurbidin mewakili UB Mansurin Distrik Prafi salah satu koperasi binaan LDII Manokwari juga menyampaikan rasa syukur terima kasih yang sebesar-besarnya telah diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan walau jarak tempuh lokasi hotel dan rumah beberapa pengurus UB Mansurin sangatlah jauh.

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.