Tim PKM-RSH UNM Mengkaji Pengembangan Sinestesia Penderita Autis di SLB Negeri 1 Makassar

  • Bagikan
Sinestesia
Tim PKM-RSH UNM melakukan pengkajian terhadap pengembangan sinestesia penderita autis di SLB N 1 Makassar.

PANGKEP, LINES.id – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997 yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi.

Baca juga: Konjen Australia Makassar Memberikan Studium Generale di UNM

Dalam bahasa yang lebih mudah, di kalangan para mahasiswa PKM lebih dikenal sebagai salah satu lomba menulis proposal dalam berbagai bentuk (penelitian, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, inovasi teknologi atau karya tulis) yang diselenggarkaan oleh dikti untuk mengakomodir hasrat intelektual mahasiswa. Bagi para mahasiswa yang proposalnya lolos nanti akan diberikan dana insentif, dan bagi proposal terbaik akan dilombakan dalam suatu ajang tertinggi yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Tim PKM-RSH UNM Lolos Pendanaan PKM

Salah satu tim yang lolos pendanaan PKM adalah tim PKM-RSH. Tim ini diketuai oleh Syayidatul Zuhrah Al-Munawarah dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yang beranggotakan Siti Rezki Hardianti dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Nur Maulindah Umar dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah. Tim yang diberikan dana insentif tersebut melakukan penelitian mengenai “Pengembangan Sinestesia (Sound-Color) Penderita Autis Melalui Podcast Literatur” di SLB Negeri 1 Makassar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan kemampuan sensorik (sound-color) terhadap penderita autis melalui podcast literatur. Selain itu, penelitian akan mengungkap pengaruh podcast literatur terhadap perasaan penderita autis dan menganalisis proses perkembangan sinestesia yang dilihat oleh penderita autis saat mendengarkan podcast literatur.

Baca juga: Dosen Fakultas Psikologi UNM Beri Penguatan Mental ‘Terapi Spiritual’ bagi Penyintas Bencana Gempa di Kabupaten Majene

Penelitian ini memiliki tiga manfaat, yang pertama bidang medis, mengembangkan kemampuan sensorik sinestesia (sound-color) terhadap penderita autis. Kedua bidang bahasa, mengembangkan ilmu pengetahuan dalam kajian sosiolinguistik mengenai literatur. Ketiga bidang komunikasi, dengan menggunakan media podcast, dapat meningkatkan pengetahuan pendengarnya serta dapat menjembatani kesenjangan budaya.

Sehingga penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan sebagai rujukan untuk tenaga pendidik/guru serta lembaga terkait dengan sinestesia (sound-color) penderita autis.

  • Bagikan