BBPOM Makassar Gelar Lomba Konten Pangan Aman, SMP Plus Budi Utomo Makassar Raih Penghargaan Video Terbanyak

  • Bagikan
Video Pangan Aman
Pembina Yayasan Budi Utomo Makassar H Suwarto SE MM (kiri) dan perwakilan siswa kelas 8 SMP Plus Budi Utomo Makassar Muh Hafizh Alif (kanan) menerima penghargaan video konten pangan aman terbanyak dalam lomba yang diselenggarakan BBPOM Makassar, Kamis (9/9/2021)

MAKASSAR, LINES.id – SMP Plus Budi Utomo Makassar meraih penghargaan video terbanyak “Lomba Pangan Aman” yang digelar Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar. Pemberian penghargaan dilaksanakan secara luring di ruang rapat pimpinan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (9/9/2021).

Hadir Kepala SMP Plus Budi Utomo Makassar Oetomo Ardhi SSos, pembina Yayasan Budi Utomo Makassar H Suwarto SE MM, dan perwakilan siswa kelas 8 SMP Plus Budi Utomo Makassar Muh Hafizh Alif.

Video Pangan Aman

Turut hadir pula Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Dr Abdul Hayat Gani MSi, motivator sekaligus founder Motivasi Indonesia (MI) Ir Hamry Gusman Zakaria MM, Kepala BBPOM Makassar Dra Hardaningsih Apt MHSM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Nielma Palamba SH MAP, dan perwakilan pemenang yang terdiri dari guru pendamping dan siswa. Selain digelar secara luring, kegiatan ini juga disiarkan melalui zoom meeting.

Baca juga: Fasilitas Memadai, Anies Baswedan Apresiasi Sentra Vaksinasi di Ponpes Minhaajurrosyidiin

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Dr Abdul Hayat Gani MSi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diikuti Kepala SMP Negeri dan swasta se-Sulawesi Selatan. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, katanya, betul-betul berterima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya.

“Di tengah pandemi sekarang, masih ada ruang untuk tumbuh kembangnya kreativitas. Kesadaran berkaitan dengan makanan, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,” ujarnya.

Kegiatan ini, tambahnya, menjadi motivasi tersendiri untuk pengembangan potensi diri di masa yang akan datang. “Penganugerahan ini dengan konten sebanyak 1.066 buah. Bahkan, ada sekolah yang diberi penghargaan karena membuat konten video pangan terbanyak yaitu SMP Plus Budi Utomo Makassar,” sebutnya.

Selain itu, mendorong kreativitas dan inovasi pelajar SMP di Sulawesi Selatan untuk peduli pada keamanan makanan. Tidak hanya itu, kegiatan ini menjadi wahana edukasi, komunikasi, dan informasi pangan aman dengan menggunakan media Tiktok. “Misalnya menjelaskan tanda-tanda makanan yang berbahaya dengan menggunakan media Tiktok.

Kegiatan yang tercatat dalam Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) ini mengikutkan 286 sekolah dan 2.111 peserta. Disamping itu, menghasilkan 1.066 konten pangan aman. Peserta kegiatan ialah pelajar tingkat SMP Se-Provinsi Sulawesi Selatan dan Penganugerahan Rekor MURI.

Baca juga: Konjen Australia Makassar Memberikan Studium Generale di UNM

Kepala BBPOM Makassar Dra Hardaningsih mengapresiasi bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang turut menyukseskan kegiatan Gebyar Komunikasi Informasi dan Edukasi. Tanpa dukungan pemerintah provinsi belum tentu kita bisa mencapai ini.

“Kita berharap ke depan diperluas lagi. Ini menjadi salah satu program pemberdayaan kepada masyarakat yang berhasil dan mengedukasi anak-anak sekolah terkait obat dan makanan,” kata Dra Hardaningsih.

Di dalam proses kegiatan ini diumumkan penganugerahan Rekor MURI pembuatan video konten pangan terbanyak. Panitia memberikan penghargaan dan hadiah kepada juara lomba. Adapun juara 1 diraih oleh SMP Telkom Makassar dengan judul video “Makanan Sehat Makanan Nikmat”. Juara 2 diraih SMP 2 Galesong Utara Takalar dengan judul video “Tingkatkan Kewaspadaan/Kesadaran Masyarakat Terhadap Pentingnya Keamanan Pangan”. Sedangkan juara 3 diperoleh SMPN 2 Belopa Luwu dengan judul video “Pangan Aman Tubuh Sehat”.

Video Pangan Aman

Juara harapan 1 diperoleh SMPN 4 Parepare dengan judul video “Ciri-ciri Makanan yang Berbahaya”. Juara harapan 2 diperoleh SMPN 8 Sinjai dengan judul video “Mengenal Keamanan Pangan”. Juara harapan 3 diraih SMPN 29 Makassar dengan judul video “Generasi Emas Ingat Cek Klik”. Adapun penghargaan pengirim video terbanyak diberikan kepada SMP Plus Budi Utomo sebanyak 303 video.

Baca juga: Himaba UMI Gelar ‘ABA Berbagi dan Mengajar’ di Desa Terpencil Kabupaten Barru

Kegiatan didukung oleh MI dan MURI. Acara diawali laporan Kepala BBPOM di Makassar dilanjutkan pembacaan sambutan Kepala Badan POM Republik Indonesia. Setelah itu, berturut-turut rangkaian acara penayangan video inovasi BBPOM di Makassar, pengumuman pemenang lomba video konten Tiktok pangan aman tingkat SMP se-Provinsi Sulawesi Selatan, dan pemberian penghargaan dan hadiah kepada juara lomba.

Kemudian, acara dilanjutkan sambutan Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan yang mewakili Plt Gubernur Sulawesi Selatan. Dilanjutkan penganugerahan Rekor MURI. Dalam kegiatan digelar dialog interaktif dengan tajuk “Sharing Keberhasilan Para Juara Ajang Kreativitas Konten Pangan Aman”. Tampil sebagai narasumber Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Nielma Palamba SH MAP dan Kepala BBPOM di Makassar Dra Hardaningsih Apt MHSM. Adapun moderator acara, Koordinator Infokom Balai Besar POM di Makassar Dra Adillah Pababbari Apt MM dan PFM Ahli Madya Balai Besar POM di Makassar Dra Erni Asnida Apt MH. (*/Iyan)

  • Bagikan