Himaba UMI Gelar ‘ABA Berbagi dan Mengajar’ di Desa Terpencil Kabupaten Barru

  • Bagikan
Himaba UMI
ABA Berbagi dan Mengajar dilaksanakan oleh Himaba UMI di SD Inpres Pattallassang, Kabupaten Barru.

BARRU, LINES.id – Himpunan Mahasiswa Akademi Bahasa Asing (Himaba) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melaksanakan kegiatan perdana setelah resmi dilantik, Senin (9/8/2021) lalu. Yakni ABA Berbagi dan Mengajar yang dilaksanakan di SD Inpres Pattallassang, Dusun Maroanging, Desa Bulo-bulo, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru. SD Inpres Pattallassang merupakan salah satu sekolah terpencil dimana harus mengarungi sungai dan jalan yang belum di aspal.

ABA Berbagi dan Mengajar merupakan kegiatan Himaba UMI yang telah berjalan sejak tahun 2013 untuk setiap kepengurusan baru. Mereka mencari sekolah terpencil yang membutuhkan bimbingan di berbagai bidang ilmu, membantu guru mengajar dan mengembangkan wawasan murid. Di antaranya tata cara salat, mengaji, pelajaran bahasa Inggris, komputer, dan pelajaran lainnya terlebih mereka berasal dari jurusan yang berbeda-beda.

Baca juga: Kepada Maba UMI, WR IV: Kita Sujud di Indonesia Jadi Harus Cinta Indonesia

Beberapa tahun sebelumnya, mereka mengajar di beberapa pulau di Kabupaten Pangkep. Ketua Himaba UMI yang baru Alfian Asmul Anugrah melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 28 Agustus s.d. 2 September 2021.

Kepala Desa Pattallassang Rahman SPd mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa ABA UMI dan UMI umumnya atas terlaksananya kegiatan ABA Berbagi dan Mengajar. “Anak sekolah dan masyarakat Desa Bulo-bulo masih tertinggal jika dibandingkan dengan desa-desa lainnya di Kecamatan Pujananting yang berjarak kurang lebih 90 km dari Kota Makassar,” ungkapnya.

Baca juga: UPT Manajemen Inovasi dan Inkubasi Bisnis UMI Gelar Business Matching dan Match Making

Sementara itu, Asdir III ABA UMI Burhanuddin mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk peduli dan promosi ABA UMI. Kegiatan ABA UMI lainnya yakni ABA Tour/Praktek Lapang 2021 di Tana Toraja, ABA English Camp, dan ABA English Festivals and Toefl Preparation.

“Meskipun kegiatan ini dilaksanakan dalam masa pandemi, mahasiswa tetap menerapkan protokol kesehatan. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan semua kegiatan-kegiatan ABA/Himaba UMI dapat terealisasi seperti tahun-tahun sebelumnya,” harapnya.

  • Bagikan