Berbagi Kiat Raih Beasiswa, JBSI UNM Gelar Kuliah Umum

Berbagi Kiat Raih Beasiswa, JBSI UNM Gelar Kuliah Umum
Kuliah Umum Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Universitas Negeri Makassar (UNM)

MAKASSAR, LINES.id – Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) mengadakan Kuliah Umum bertajuk “Kiat Khusus Memperoleh Beasiswa Dalam dan Luar Negeri” di Ruangan Senat FBS UNM, Kampus UNM Parangtambung, Jalan Daeng Tata, Makassar, Jumat, (21/2/2020).

Kuliah Umum tersebut dibuka oleh Dekan FBS UNM Prof Dr Syukur Saud MPd dan dihadiri oleh Para Wakil Dekan, Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, dosen Bahasa Indonesia dan mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia.

Dalam sambutannya, Dekan FBS menyambut baik kegiatan kuliah umum ini. Kuliah umum ini merupakan Kuliah Umum yang ke-4 di semester genap ini di FBS UNM. Hal senada juga disampaikan oleh WD 3 FBS UNM Sukardi Weda, yang juga alumni Cohort 2 Ford Foundation International Fellowship Program tahun 2003 – 2006 yang diselesaikannya pada Program Studi Sosiologi: Manajemen Pembangunan Sosial FISIP Universitas Indonesia (UI).

Nara sumber dalam Kuliah Umum ini adalah Abdul Hakim SPd MA yang juga penerima beasiswa Ford Foundation International Fellowship Program Cohort 9, Ohio State University, USA dan Asri Ismail SPd MPd penerima LPDP Republik Indonesia Universitas Negeri Malang. Kedua nara sumber memaparkan strategi jitu untuk mendapatkan beasiswa, baik di dalam maupun ke luar begeri untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi yang berkualitas.

Berbagi Kiat Raih Beasiswa, JBSI UNM Gelar Kuliah Umum
Mahasiswa peserta Kuliah Umum bertajuk “Kiat Khusus Memperoleh Beasiswa Dalam dan Luar Negeri”
Kiat Abdul Hakim

Abdul Hakim berpesan dalam pemaparannya, untuk memperoleh beasiswa, ada 5 keharusan (5 must) yang perlu diperhatikan, pertama, Perbanyak membaca buku, majalah, dan lain-lain; kedua, perdalam bahasa Inggris, seni, olahraga, dan aktif di organisasi; ketiga, berlatih menulis (tema bebas); keempat, upayakan nenyisihkan waktu 2 jam per hari untuk search informasi beasiswa, peluang, dan daftar; dan kelima, cintai dan tekuni setiap pekerjaan, tugas, usaha, dan hobi.

Kiat Asri Ismail

Sementara itu, Asri Ismail yang juga salah satu penerima beasiswa LPDP Angkatan 50, mengatakan bahwa beasiswa LPDP dari Pemerintah Indonesia adalah sebuah kontribusi untuk meningkatkan daya saing bangsa. “Sekarang sudah 9 Kementerian yang bergabung dalam beasiswa LPDP,” ujarnya.

LPDP memberikan beasiswa kepada siapa saja yang ingin mengakses pendidikan tinggi yang berkualitas tanpa memandang latar belakang ekonomi pelamar. Tujuan beasiswa LPDP ini adalah untuk mencari pemimpin yang baik dan inovatif untuk membangun Indonesia.

“LPDP adalah beasiswa yang juga bertujuan untuk mempersiapkan pemimpin masa depan bangsa Indonesia yang profesional,” tegasnya.

Kuliah umum ini dihadiri sekitar 100 mahasiswa dan berakhir menjelang shalat Jumat.

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.