Kapospol Mahalona Raya Beri Penyuluhan Kamtibmas kepada Warga LDII Towuti

ldii towuti
Kapospol Mahalona Raya Aipda Arman memberikan penyuluhan kamtibmas kepada warga LDII, Minggu (12/3/2023).

TOWUTI, LINES.id – Pimpinan Cabang (PC) LDII Kecamatan Towuti mengadakan pengajian umum sekaligus Penyuluhan Kamtibmas dan Bahaya Narkoba. Acara dihelat di Masjid Baiturrohman, Dusun Garkim, Desa Buangin, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Minggu (12/3/2023).

Hadir 265 warga LDII bersama warga Mahalona Raya (Desa Kalosi, Desa Buangin, Desa Mahalona, Desa Tole, dan Desa Liburkan Mandiri). Pengajian diisi oleh Ustadz Mohsin membahas dalil-dalil tentang puasa Ramadhan yang bersumber dari Alquran dan Alhadist. Di antaranya Surat Al Baqoroh ayat 183 “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

“Surat Al Baqoroh ayat 183 ini secara garis besar mengandung 3 hal,” kata Ust. Mohsin. Pertama, kewajiban berpuasa merupakan panggilan Allah untuk orang yang sungguh-sungguh mau beriman kepada Allah karena di dalam berpuasa terdapat keutamaan yang penting.

Kedua, puasa kewajian umat terdahulu dimana puasa merupakan  perintah/kewajian sebelum umat Nabi Muhammad SAW dan puasa termasuk salah satu rukun Islam serta kewajiban puasa tak pernah berubah.

Baca juga: Ketua LDII Pedan Dikukuhkan Menjadi Ketua DMI Kecamatan Pedan

Ketiga, pembentukan ketaqwaan kepada Allah SWT, bahwa melalui puasa sebagai bagian mensucikan diri, meningkatkan taqarrub illallah dan menghindari segala bentuk godaan setan.

“Selanjutnya berdasarkan Hadist Riwayat Bukhari menjelaskan bahwa barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni,” jelas Ust. Mohsin.

Bahwa barang siapa berpuasa dengan niat iman kepada Allah SWT dan untuk mengharap balasan pahala baik dari Allah, maka Allah akan mengampuni dosa dosanya yang telah lalu. “Niatnya murni karena Allah semata bukan karna terpaksa atau pengaruh orang lain,” kata Ust. Mohsin.

Menutup materinya, Ust. Mohsin mengingatkan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, ampunan serta amalan dilipatgandakan pada saat itu.

Delapan Kontribusi LDII untuk Bangsa

Dalam sambutannya, Sekretaris DPD LDII Luwu Timur menyampaikan bahwa bentuk atau metode penyampaian dakwah di LDII, dilakukan dengan memberi makna dan keterangan, metode ceramah, tanya jawab, dll.

“Sebagai bagian dari elemen bangsa, LDII  berperan aktif berkontribusi membangun bangsa dengan mengimplementasikan 8 program kerja unggulan LDII yang dideklarasikan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2018 lalu dan diperkuat pada Musyawarah Nasional (Munas) IX LDII pada April 2021 silam,” jelas Drs H Basruddin.

Delapan program kerja unggulan LDII tersebut antara lain wawasan kebangsaan, kontribusi pertama ini menjadi dasar utama program kerja LDII. “LDII menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI,” kata Basruddin.

Kedua, keagamaan dan dakwah. LDII dalam dakwahnya fokus dalam membentuk manusia yang profesional religius, yakni masyarakat yang memiliki sikap profesional dan dilandasi dengan religiusitas.

ldii towuti
Kapospol Mahalona Raya bersama pengurus LDII Towuti.

Ketiga, pendidikan. LDII berkomitmen mendirikan sekolah-sekolah yang mendukung terciptanya generasi yang Tri Sukses, yakni generasi yang memiliki kepahaman agama yang kuat, memiliki akhlak yang mulia, dan mandiri.

Keempat, ekonomi syariah, untuk penguatan ekonomi kerakyatan dengan memelopori koperasi syariah, Baitul Maal wa Tamwil (BMT), dan Usaha Bersama (UB). “Untuk menjauhi ekonomi ribawi, LDII merintis usaha berbasis syariah dengan membentuk BMT,” imbuh Basruddin.

Kelima,kesehatan dan herbal. LDII mendorong warga LDII memanfaatkan obat-obatan herbal sebagai alternatif pengobatan.

Keenam, ketahanan pangan. LDII mendorong para petani menggunakan teknologi tepat guna, manajemen pertanian/pangan, dan penggunaan bibit unggul.

Ketujuh,energi terbarukan. LDII mendukung pemerintah dalam mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan menggunakan energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga surya.

Kedelapan, menyambut era industri 4.0, LDII telah menyiapkan generasi muda yang memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi digital.

Baca juga: Sambut Ramadan, LDII Kaimana Kerja Bakti Bersihkan Masjid

“Delapan program ini diupayakan dilaksanakan sampai di daerah dan terkhusus di bulan Ramadhan yang akan datang LDII mempunyai program 5 sukses Ramadhan yaitu sukses puasa, sukses sholat tarawih/qiyamul lail, sukses tadarus Alquran (hatam Alquran), sukses itikaf/lailatul qodar dan sukses sukses zakat fitrah,” pungkas Basruddin.

Kapospol Mahalona Raya Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

Dalam sambutannya, Kapospol Mahalona Raya Aipda Arma mengimbau segenap  masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas, “Mari saling hidup berdampingan bersinergi dan rukun, saling menghargai, menjaga diri, jika ada masalah cepat diselesaikan secara kekeluargaan,” pesannya.

Warga agar selalu waspada terhadap tindak kejahatan yang dapat terjadi selama bulan Ramadhan. Untuk itu, ia meminta warga agar selalu memastikan rumah sudah dalam keadaan terkunci saat hendak ditinggalkan beribadah ke masjid.

Juga diingatkan agar menghidari narkoba dan zat adiktif lainnya yang berbahaya, “Sebab narkoba termasuk tindak pidana internasional, ancaman hukuman bisa 25 tahun ke atas dan bahkan hukuman mati, kalau  berurusan narkoba sangat rawan kaki kanan bisa ke kuburan atau kaki kiri ke sel. Mari kita semua jauhi sejauh jauhnya narkoba,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kalosi Bakri Amd Kep juga mengajak masyarakat agar memuliakan Allah di bulan suci Ramadhan, “Sebab dengan mempersiapkan diri dan membersihkan tempat ibadah serta tempat-tempat lingkungan sekitarnnya agar terasa nyaman dapat menambah kekhusyu’an kita dalam menjalankan ibadah,” ujarnya.

Baca juga: Keputrian Ldii Nabire Gelar Kegiatan Pengenalan Bumbu dapur Kepada Generus Caberawit di Tiap PAC

Bakri menambahkan, masyarakat juga supaya senantiasa menjaga rasa toleransi dan saling menghormati antar pemeluk umat beragama, bila ada masalah segera disampaikan ke aparat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat atau kepolisian untuk diselesaikan secara kekeluargaan, “Sehingga tetap terjaga kerukukan di dalam masyarakat,” katanya.

Turut hadir dalam pengajian Kepala Desa Buangin yang diwakili oleh Kepala Dusun Garkim Hafid Ardiantoko, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh Pemuda, Wakil Ketua PC LDII Towuti Sukiyadi, Sekretaris PC LDII Towuti Sarengat sekaligus sebagai panitia, dan pengurus lainnya.