MUI Sulsel Terima Kunjungan Silaturahim Baznas Provinsi Sulsel

Baznas Sulsel
Silaturahim Baznas Sulsel ke kantor MUI Sulsel, Rabu (13/4/2022)

MAKASSAR, LINES.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan menerima kunjungan silaturahim Baznas Provinsi Sulawesi Selatan di kantor MUI Sulsel, Rabu (13/4/2022).

Dari MUI Sulsel hadir Ketua Umum Anregurutta Prof Dr KH Najamuddin Lc MA, Wakil Ketua Umum Dr KH Mustari Bosra, Sekum MUI Sulsel Dr KH Muammar Bakry Lc MA, Sekretaris MUI Sulsel bidang Infokom Prof Dr Sukardi Weda, dan Sekretaris bidang Seni Budaya Drs Syamsuddin Nur.

Dari Baznas Provinsi Sulsel, hadir Ketua Dr dr Muh Khidri Alwi MJes MM, Waka I bidang Pengumpulan HM Irfan Sanusi, Waka II bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Dr H Muh Ishaq Samad MA, Waka III bidang Keuangan Dr Kamaruddin MEI dan Waka IV bidang SDM Abd Azis Bennu SAg.

Dalam sambutan penerimaannya, Ketua Umum MUI Sulsel Prof Najamuddin menyampaikan apresiasi dan penghargaannya atas kunjungan silaturahim Pengurus Baznas Provinsi Sulsel. “Kita akan bekerja sama dan saling mendukung untuk meningkatkan kualitas umat. Cara pengelolaan dan pendistribusian zakat perlu dilakukan dengan baik,” ujarnya.

Baca juga: Ganas Annar MUI Sulsel Serahkan Mushaf Alquran ke Lapas Narkoba Bolangi

Ketua Baznas Provinsi Sulsel, Dr dr Khidri Alwi merasa bersyukur dan berterima kasih dapat bertemu dengan Ketua Umum MUI Sulsel beserta jajarannya. Bagaimana penerimaan dan pendistribusian zakat dapat berjalan dengan baik.

“Berzakat dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital, dapat melalui web, WA, dan lain-lain,” ujarnya. Terkait penetapan zakat fitrah, zakat profesi, dan zakat pendapatan Baznas dan MUI akan duduk bersama.

Dr KH Ishak Shamad yang juga Waka II Baznas Sulsel mengatakan butuh dukungan MUI secara kelembagaan, “Kami juga gencar mengikuti langkah Sekum MUI Sulsel untuk menyosialisasikan kegiatan Baznas dalam rangka menumbuhkan trust masyarakat, melalui beragam media,” katanya.

Hari Senin akan ada pengumpulan zakat dari Pemerintah Provinsi dan OPD. “Dalam pendistribusian zakat akan bergandeng tangan antara Baznas dan MUI Sulsel. Ada beberapa program Baznas Pusat yang juga akan dilaksanakan di Baznas Sulsel,” ujarnya.

Baca juga: Ganas Annar MUI Sambangi KPID Sulsel, Kerja Sama Literasi Anti Narkoba

Drs Syamsuddin Nur, yang juga Sekretaris bidang Seni dan Budaya MUI Sulsel mengatakan untuk zakat profesi akan dicanangkan pada hari Senin, yang diawali oleh Gubernur Sulsel diikuti oleh OPD. Ini eranya Baznas Sulsel, karena mendapat dukungan sepenuhnya dari Gubernur.

“Kita perlu saling support, seperti pengentasan kemiskinan, dan perlu bersama sama untuk mencermati poin poin penting dari 8 golongan mustahik zakat. Perlu juga memanggil para muzakki atau perantau asal Sulsel yang telah sukses di daerah rantau untuk turut membayar zakat,” ajaknya.

Dr KH Muammar Bakry menambahkan perlu adanya sinergisitas antara pemerintah, MUI, dan Baznas. “Pemerintah dengan kebijakannya, MUI menyosialisasikan, dan Baznas mengelola, mengumpul, serta mendistribusikan kepada mustahik. Perlu juga ada perda terkait zakat,” ujarnya.