Bersama Dinas Sosial, Polresta Jambi Bina Gepeng dan Anjal

KOTA JAMBI, LINES.id – Menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Pengurus Unit Pelaksana Program Kesejahteraan Anak Sosial Interaktif (UPPKASI) pada Selasa (2/11/2021), Dinas Sosial Kota Jambi melaksanakan kegiatan monitoring razia terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Simpang Pulai, Simpang Mayang dan Simpang Pucuk Kota Jambi, Selasa, (14/12/2021).

Dalam kegiatan razia tersebut, Kadis Sosial Kota Jambi Drs Noviarman ME mengatakan ada 14 gelandang dan pengemis (Gepeng) dan anak jalanan (Anjal) yang terjaring razia, di antaranya ada yang menjadi badut, ngamen, jual tisu dan pengemis.

“Sebanyak 14 Gepeng dan Anjal yang terjaring razia, mereka sudah kita bawa ke kantor Dinas Sosial Kota Jambi dan kita berikan pembinaan,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolresta Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi melalui Kasat Binmas Polresta Jambi AKP Mardonna Lamtio menjelaskan kegiatan pembinaan terhadap gepeng dan anjal merupakan kerja sama Dinas Sosial Kota Jambi dan Polresta Jambi.

“Kegiatan pembinaan ini merupakan sinergitas Polresta dan Dinsos, ini semua demi terwujudnya Kota Jambi yang tertib dan aman sehingga tidak ada lagi laporan dari masyarakat yang merasa terganggu dengan keberadaan gepeng dan anjal di jalan-jalan,” tutur Donna.

Tak hanya itu, AKP Donna juga mengatakan bahwa anak remaja merupakan suatu potensi bagi negara sebagai armada dalam kemajuan bangsa dan meneruskan cita-cita pemimpin bangsa.

“Mereka ini kan generasi penerus kita, merekalah yang akan menjadi pemimpin di masa depan, oleh karena itu mereka harus kita bina dengan kegiatan-kegiatan yang positif sehingga mereka meninggalkan kebiasaan mereka selama ini di jalanan,” tambah Donna.

Selain itu, AKP Donna juga berpesan agar gepeng dan anjal yang terjaring tidak mengulangi kesalahan yang sama serta mengajak makan siang bersama.

“Ayo silahkan makan, setelah ini jangan sampai ada di antara kalian terjaring razia lagi ya, semangat jadi penerus bangsa, kerjakan hal-hal yang positif, semoga apa yang kalian cita-citakan bisa tercapai,” harap Donna.

Dengan dilaksanakannya razia gepeng dan anjal oleh Dinsos Kota Jambi dan pembinaan oleh Polresta Jambi ini dapat mencegah dan mengurangi bertambahnya jumlah gepeng dan anjal di Kota Jambi. (Rsd/LINES)