Kapolres Klaten Kukuhkan Kepengurusan Pokdar Kamtibmas Polres Klaten

  • Bagikan
Pokdar Kamtibmas
Kapolres Klaten melantik dan mengukuhkan Pokdar Kamtibmas, Selasa (23/11/2021)

KLATEN, LINES.id – Kepala Kepolisian Resort Klaten AKBP Eko Yulianto SIK MM yang diwakili oleh AKP Damin Kasat Binmas Polres Klaten melantik dan mengukuhkan Ketua serta Pengurus Pokdar Kamtibmas Polres Klaten periode 2021-2024 di Room Meeting RM Mbah Darmo Klaten, Selasa (23/11/2021).

Pelantikan dan Pengukuhan Ketua dan Pengurus Pokdar Kamtibmas Polres Klaten ini dalam rangka optimalisasi peran Pokdar Kamtibmas dalam membangun sinergitas dengan stakeholder di masa pandemi Covid-19.

Kelompok Sadar Kamtibmas Polres Klaten yang rata-rata berasal dari Senkom Mitra Polri ini dipimpin oleh Kamidi SPd MPd, Rusgiyanto SAp dan Poniman M Rosyied.

Melalui Kasatbinmas, Kapolres Klaten menyampaikan bahwa Kapolri telah membentuk Pokdar Kamtibmas yang telah dituangkan dalam aturan Kapolri tentang Pengukuhan dan Pelantikan Kelompok sadar Kamtibmas.

Menurutnya, dasar hukum pembentukan Pokdar Kamtibmas UU Nomor 2 tahun 2002, Peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2012, Permendagri nomor 12 tahun 2008, Skep Kapolri No: SKEP/661/XI/1992 tanggal 26 November 1992. Peraturan Kapolri nomor 3 tahun 2015, ST Kapolri No:2492/IX/HUK.6.5/2019 tanggal 18 September 2019 dan Surat Keputusan KAPOLRI No. Pol. : Skep/831/XI/2005 tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdar Kamtibmas).

Baca juga: Sukseskan Program Pemerintah, Senkom Mitra Polri Klaten Ikuti Vaksinasi Presisi Merdeka Candi Polres Klaten

“Pokdar Kamtibmas ini juga bertujuan untuk membantu Kepolisian dalam menjaga Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Klaten, mengingat tidak seimbangnya jumlah personel Polri dengan masyarakat atau warga Kabupaten Klaten,” ujar AKP Damin.

Kasat Binmas menambahkan, “Pada tahun ini, di wilayah hukum Polres Klaten saja ada 80 orang personel Polri yang pensiun, sedangkan yang menjadi Anggota Polri baru 3 orang sehingga tidak seimbang antara yang pensiun dengan yang masuk,” tambahnya.

Lebih lanjut AKP Damin mengatakan bahwa Pokdar Kamtibmas menjadi sahabat dan menjalin kemitraan dengan Polres dalam peningkatan kesadaran hukum, serta cegah tangkal gangguan Kamtibmas dengan hadir di tengah-tengah masyarakat, memberikan penyuluhan dalam peningkatan kesadaran Kamtibmas, membangun komunikasi yang efektif dan intensif dengan masyarakat baik dalam bentuk kelompok maupun komunitas.

Sedangkan dalam sambutannya, Ketua Pokdar Kamtibmas Polres Klaten Periode 2021-2024 Kamidi SPd MPd menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepolisian Resort Klaten atas kepercayaannya kepada Senkom Mitra Polri Kabulaten Klaten yang telah dilantik dan dikukuhkan menjadi Kelompok Sadar Kamtibmas Polres Klaten.

“Mudah-mudahan kami yang telah dilantik oleh Kasat Binmas Polres Klaten ini bisa senantiasa membantu Kamtibmas bersama Aparat Kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia, demi terciptanya Kabupaten Klaten yang aman dan kondusif,” jelas Kamidi.

“Dengan segala keterbatasan dan kekurangan kami, kami bisa menjalankan dan mengemban amanah Kapolres Klaten ini dengan sebaik-baiknya, Kami yakin dengan kejujuran dan keikhlasan insyaallah kami yang baru dilantik ini mudah-mudahan bisa membantu TNI maupun Polri dalam menjaga Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Kepolisian Resor Klaten, sebab kejujuran adalah hal yang sangat fundamental di dalam berbangsa dan bernegara,” tutup Kamidi.

Baca juga: Senkom Mitra Polri Ikuti Ngopi Daring Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan RI

Susunan Pengurus Pokdar Kamtibmas Kabupaten Polres Klaten yang dikukuhkan tanggal 23 november 2021.

EKO PRASETYO SIK MH
KAPOLRES KLATEN, PENASEHAT

SUMIYARTA SH MH
WAKA POLRES KLATEN, WAKIL PENASEHAT

DAMIN
KASAT BINMAS, PEMBINA

KAMIDI SPd MPd, KETUA

RUSGIYANTO SAp, WAKIL KETUA

PONIMAN M ROSYIED, WAKIL KETUA

DANAR DONO, SEKRETARIS
TAUFIK FATONI SPd, WAKIL SEKRETARIS

ARIS YULIYANTO, BENDAHARA
UMAR SAHID KASIBUAN, WAKIL BENDAHARA

NUR CHOLIS AMd, SEKSI PEMUDA DAN OLAHRAGA
RIYADI, WAKIL

EDI MARWANTO, SEKSI KADERISASI DAN KEANGGOTAAN
RAGIL WIDODO, WAKIL

WIYONO, SEKSI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
GUNAWAN WIDOYO, WAKIL

SUPRIYADI A P SSos, SEKSI HUMAS DAN MEDIA MASA
RIZAL PUTRA MILDA, WAKIL

H YUSUF ARIFIN SH, SEKSI HUKUM DAN ADVOKASI
RAHMAT NUR KARIM AMd, WAKIL

CANDRA SUGIYANTO, SEKSI EKONOMI DAN SOSIAL
WARDOYO, WAKIL

AGUNG KURNIA, SEKSI SATGAS
TOHA SARJONO, WAKIL

  • Bagikan