LDII Kabupaten Magelang Gelar Halal bi Halal Sebagai Ajang Silaturahim

ldii magelang
DPD LDII Kabupaten Magelang mengadakan halal bi halal di Ponpes Sabilul Muttaqin, Minggu (14/5/2023).

MAGELANG, LINES.id – Hari kemenangan bulan Syawal dirasakan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Begitu pula yang dirasakan oleh warga LDII yang telah menyelesaikan program 5 Sukses Ramadhan, yaitu sukses puasa, sukses mambaca Alquran, sukses sholat tarawih, sukses zakat fitrah, dan sukses malam lailatul qodar.

Setelah selesai menunaikan ibadah puasa Ramadhan, Indonesia memiliki salah satu tradisi yang pasti dilakukan oleh seluruh masyarakat, yaitu halal bi halal. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai momentum mempererat tali silaturahim serta maaf-memaafkan. Budaya ini menjadi ajang untuk saling mengenal sekaligus memahami kemajemukan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Tahun 2023 adalah tahun toleransi dan kerukunan antar umat beragama menuju masyarakat adil, makmur, dan sejahtera dalam naungan Pancasila dan UUD 1945. Pesan inilah yang menjadi semangat silaturrahim bulan Syawal 1444H.

Baca juga: Dihadiri Wabup Sidoarjo, LDII Ikuti Halal Bi Halal MWC NU Kecamatan Tarik

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Magelang melaksanakan kegiatan halal bi halal diawali dengan qiroah Alquran serta penampilan pentas seni pencak silat ASAD. Bertempat di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin, Ngepoh, Tirtosari, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Minggu (14/5/2023) pagi.

Tema yang diambil dalam silaturahim kali ini adalah modernisasi beragama di tengah masyarakat multikultural. Acara inti diisi dengan tausiyah oleh ketua DPD LDII Kabupaten Magelang H Modrik Santoso SPd MPd. “Kita sebagai warga masyarakat yang majemuk harus meningkatkan sinergi dan toleransi, memuliakan tetangga, menghormati orang yang lebih tua, serta mendukung kegiatan kemasyarakatan,” ujarnya.

Dalam tausiyahnya juga disisipkan keutamaan orang yang memaafkan, serta menghormati orang lain. Salah satu kutipannya ialah, “Jadilah seperti Abu Domdom yang memiliki sifat pemaaf. Setiap bangun tidur, ia selalu berdoa, Ya Allah jika hari ini ada orang yang menghina, menggunjing, mencemooh saya, saya akan memaafkannya, sehingga ia adalah orang yang pertama kali masuk surga,” jelasnya.

Baca juga: Kontrol Kesehatan Santri Ponpes Sabilul Muttaqin, Puskesmas 2 Sawangan Sosialisasi Posbindu-PTM

Sebanyak lebih dari 3.000 warga LDII menghadiri acara halal bi halal dengan sangat antusias, mulai dari usia anak-anak hingga lansia. Kegiatan positif ini diadakan setiap tahun dengan harapan bisa menjadi ajang saling mengenal satu sama lain, meningkatkan kerukunan, saling toleransi, serta mendukung kegiatan-kegiatan masyarakat sekitar.

Adanya kegiatan halal bi halal ini akan membentuk sinergi yang kuat antarumat beragama di mana sinergi adalah modal utama untuk mewujudkan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera.

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.