Tingkatkan Keterampilan Anggota, Senkom Magelang Gelar Pelatihan Penanganan Bencana

Senkom Magelang
Anggota Senkom Magelang mengikuti pelatihan baris berbaris, penanganan bencana angin kencang, penguunaan chainsaw dan pengaturan lalu lintas, Minggu (6/2/2022).

MAGELANG, LINES.id – Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Kabupaten Magelang menggelar pelatihan baris berbaris, penanganan bencana angin kencang, penguunaan chainsaw dan pengaturan lalu lintas, Minggu (6/2/2022).

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kedisiplinan Anggota Senkom Kabupaten Magelang. Digelar di lapangan KUD Desa Tersan Gede, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, pelatihan diikuti sebanyak 60 peserta yang merupakan perwakilan dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang.

Selain untuk menambah keterampilan dan wawasan bagi anggota Senkom, pelatihan juga mengingatkan kembali pentingnya pengetahuan tentang tindakan pertama dalam menangani kejadian bencana alam. Semua peserta juga berkesempatan mendapat pengetahuan dan keterampilan dalam pengaturan lalu lintas.

Baca juga: Senkom Mitra Polri Manokwari Gelar Raker Internal Tahun 2022

Pemateri juga memberikan pemahaman tentang menjaga keselamatan diri ketika melakukan pengaturan lalu lintas, serta praktik isyarat dan gerakan pengaturan lalu lintas sebagai bekal ketika melaksanakan tugas di lapangan.

Pemateri acara terdiri dari berbagai latar belakang. Aiptu Sulaiman, Babinsa di Polsek Bandongan merupakan pemateri baris berbaris dan pengaturan lalu lintas. Edi Ermawan, Deputi PB SAR PP Senkom Mitra Polri sebagai pemateri penanganan bencana alam. Sutikno dari Senkom Kecamatan Pakis, praktisi pemotongan pohon, juga memberikan materi dan membimbing peserta dalam penggunaan alat chainsaw.

“Setelah mengikuti pelatihan, peserta kami harapkan dapat menyampaikan ke anggota yang ada di kecamatannya masing-masing agar menambah keterampilan anggota Senkom. Harapan kami, ketika dibutuhkan oleh masyarakat, anggota Senkom siap dan tanggap untuk membantu,” ucap Yuwana Budi Hartana SE Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Magelang.

Baca juga: Perkuat Kamtibmas, Belanegara dan Relawan Kebencanaan, Senkom Klaten Rekrut Anggota Baru

Senkom Magelang

Pelatihan ini digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 serta telah mendapatkan ijin dari Pemerintah Desa Tersan Gede, Camat Salam dan Bupati Magelang. Selain pelatihan juga digelar bakti sosial bagi pengguna jalan, yaitu edukasi dan pembagian masker.

Senkom sebagai organisasi masyarakat yang menjadi mitra Polri dan pemerintah diharapkan untuk selalu meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan dalam segala bidang yang positif sehingga dapat menjadi andalan masyarakat ketika dibutuhkan.