Kisah Sukses Alumni Santri LDII Berjualan Kue Pukis

Berjualan Kue Pukis
Kue pukis ala Dicky Maharesi

KLATEN, LINES.id – Pukis adalah sebuah kue khas Indonesia. Kue pukis yang dikenal sampai saat ini merupakan salah satu jenis kue yang berasal dari Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Hingga saat ini kue pukis sudah menyebar ke daerah surabaya, jakarta, bahkan seluruh nusantara.

Tidak sedikit pula pedagang yang sukses setelah berjualan kue pukis. Seperti Dicky Maharesi, pedagang kue pukis kelahiran jawa dan besar di keluarga lampung. Pria berpostur jangkung ini adalah alumni pondok pesantren binaan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) yakni Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri.

Usahanya bermula setelah menikah dengan seorang gadis asal Gombong, Kebumen, yang juga kebetulan keluarga istrinya lebih dulu berprofesi sebagai pedagang kue pukis.

Baca juga: Pemudi LDII Sidoarjo Raih Medali Emas Karya Tulis Ilmiah Tingkat ASEAN

Ia tinggal di Kelurahan Troketon, Pedan, Klaten Jawa Tengah dan sehari-hari berjualan di Pasar Tanjung, Juwiring, Kabupaten Klaten. Usaha yang telah digelutinya selama belasan tahun tersebut berhasil menghidupi keluarganya dan kini sudah memiliki alat sendiri.

Kue pukis buatannya dikenal lembut dan halus. Selain itu, kue pukis miliknya banyak digemari anak-anak hingga orang dewasa, sehingga tidak heran jika kue pukis dikenal dengan kue sejuta umat. Bahkan tidak jarang pula agar tidak kehabisan, pelanggan setianya memesan kue pukis satu hari sebelum berjualan.

Oleh karena itu, bos roti cukil, sapaan akrabnya, kini berencana untuk mengembangkan usahanya dengan membuka cabang baru mengingat peluang usaha kue pukis masih sangat bagus.

Baca juga: Hasan Argadinata: Santri Ponpes, Atlet Pencak Silat dan Mahasiswa Terbaik UM

Kue pukis sangat nikmat apabila dimakan selagi hangat. Saat ini, kreasi rasa kue pukis yang tersedia juga beragam. Namun, cara membuat kue pukis rata-rata masih sama. Umumnya kue pukis dibuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, fermipan/pengembang, dan santan.

Adonan kue kemudian dicetak menggunakan cetakan kue khusus pukis, lalu dipanggang hingga matang, topping yang tersedia sekarang juga bermacam-macam, selain mesis ada juga keju dan cokelat, dan bahkan di beberapa tempat anda bisa menemukan kue pukis yang bertoping green tea, oreo, dan lain-lain.

Selain enak, harum, dan menggugah selera, kue pukis juga termasuk jajanan yang mengenyangkan. (Rizal PM/LINES)