Kompak, Warga LDII Tabanan dan Kodim 1619 Bersihkan Sampah di Pantai Kelating

  • Bagikan
LDII Tabanan
Warga LDII Tabanan mengikuti kegiatan Karya Bakti Pembersihan Pantai bersama Kodim 1619/Tabanan, Jumat (9/4/2021)

TABANAN, LINES.id – Kodim 1619/Tabanan menggelar kegiatan Karya Bakti Pembersihan Pantai di Pantai Kelating, Desa Kerambitan, Tabanan, Bali, Jumat (9/4/2021). Kegiatan dipimpin langsung Komandan Kodim (Dandim) 1619/Tabanan, Letkol Inf Toni Sri Hartanto. Turut hadir Kapolres Tabanan, AKBP Mario Christy PS Siregar.

Dalam kesempatan tersebut, warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Tabanan mengikuti kegiatan Karya Bakti Pembersihan Pantai yang dikoordinir Ketua DPD LDII Tabanan, Maulana Sandijaya. Partisipasi warga LDII ini sebagai bentuk kontribusi nyata terhadap bangsa dan negara.

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah hadir dalam acara ini. Semoga pantai di Tabanan bersih dari sampah,” ujar Toni. Setelah itu Toni dan Mario turun ikut membersihkan sampah.

Warga LDII bersama anggota TNI dan Polres Tabanan, DLHK, BPBD, pramuka, masyarakat setempat, dan pihak lain bahu membahu memungut sampah yang menghampar di sepanjang pantai. Pantai yang populer usai acara resepsi pernikahan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina itu dipenuhi sampah organik dan anorganik.

Sampah plastik dari botol air mineral, sandal, hingga ban dalam teronggok di tepi pantai. Sedangkan sampah organik seperti ranting, dahan, hingga batang kayu juga menutupi pasir. Sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak satu dump truk.

Baca juga: Buka Munas IX LDII, Presiden Jokowi: Sikap Toleran adalah Keharusan

Baca juga: Akan Dibuka Jokowi, LDII Magelang Bersiap Sukseskan Munas IX LDII

 

LDII Tabanan
Warga LDII Tabanan mengikuti kegiatan Karya Bakti Pembersihan Pantai bersama Kodim 1619/Tabanan, Jumat (9/4/2021)

Sementara itu, Ketua DPD LDII Tabanan Maulana Sandijaya mengapresiasi kegiatan karya bakti yang diselenggarakan Kodim 1619/Tabanan. Kegiatan tersebut selaras dengan program LDII Mereresik atau LDII bersih-bersih lingkungan.

Dijelaskan Sandi, LDII sebagai ormas keagamaan tidak hanya melakukan dakwah bil-lisan, tapi juga dakwah bil-hal atau dakwah dengan memberikan contoh nyata. “Kebersihan ini sangat penting, karena kebersihan dalah sebagian dari iman. Kebersihan mencerminkan iman seseorang,” tutur Sandi.

Laporkan Hasil Munas IX LDII

Di sela bersih-bersih, Sandi melaporkan hasil musyawarah nasional (Munas) LDII IX yang digelar 7-8 April 2021 dan dibuka langsung Presiden Jokowi secara virtual. Di hadapan Toni dan Mario, Sandi menyampaikan hasil Munas. Sesuai hasil Munas, LDII kini telah memiliki ketua umum baru, yakni Ir KH Chriswanto Santoso MSc.

Hasil Munas tersebut disampaikan kepada Dandim dan Kapolres lantaran sebelum Munas, pengurus LDII Tabanan beraudiensi dengan keduanya. Saat audiensi pengurus LDII Tabanan diterima baik Dandim dan Kapolres. Keduanya juga memberikan ucapan selamat.

“Kami warga LDII siap bersinergi dengan Kodim dan Polres Tabanan. LDII siap berkontribusi nyata untuk bangsa dan negara,” pungkas Sandi. (KIM/LINES)

  • Bagikan