Kabar Terkini Gempa M 7,2 Jepang, Warga Diimbau Tetap Jauhi Pesisir

Gempa Jepang
Ilustrasi

JAKARTA, LINES.id – Gempa bumi dengan Magnitudo (M) 7,2 mengguncang wilayah lepas pantai timur laut Jepang. Badan meteorologi Jepang, Japan’s Meteorological Agency (JMA) pun mengeluarkan peringatan tsunami.

Namun, sekitar satu jam setelah gempa bumi, JMA mencabut peringatan tsunami. Gempa ini tidak menyebabkan kerusakan atau cedera langsung. Meski demikian, JMA mengimbau warga untuk tetap menghindari daerah pesisir.

“Meski anjuran tsunami telah dicabut, beberapa perubahan permukaan laut mungkin saja terjadi. Mohon jangan pergi ke daerah pesisir,” kata JMA seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (20/3/2021).

Badan meteorologi tersebut menambahkan bahwa gempa-gempa lainnya mungkin kembali mengguncang di daerah yang sama, terutama pada minggu mendatang.

“Ini adalah area yang telah menyaksikan aktivitas seismik aktif yang berkelanjutan,” kata seorang ahli seismologi JMA saat briefing yang disiarkan televisi secara nasional.

Baca juga: Wow, Terkuak Harta Keluarga Raja Salman Rp 21.000 T

Baca juga: Dubes RI Minta WNI Segera Tinggalkan Myanmar

 

Gempa Bumi M 7,2

Sebelumnya, dilansir detikcom, gempa bumi dengan Magnitudo 7,2 terjadi pukul 18:09 di perairan Pasifik di wilayah Miyagi, dengan kedalaman 60 kilometer (37 mil). Getaran gempa juga terasa di ibu kota Jepang, Tokyo.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan dari Miyagi akibat gempa ini. Media lokal melaporkan bahwa petugas lokal sedang memeriksa status pembangkit nuklir di kawasan itu.

Otoritas Radiasi Nuklir mengatakan tidak ada laporan kelainan di fasilitas-fasilitas nuklir daerah itu, termasuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi, yang lumpuh akibat gempa dan tsunami dahsyat 10 tahun lalu. Begitu pula dengan PLTN Onagawa dan berbagai fasilitas yang lebih kecil serta reaktor nuklir eksperimental.

Gempa ini terjadi beberapa hari setelah Jepang memperingati 10 tahun sejak bencana gempa bumi berkekuatan 9,0 pada 11 Maret 2011, yang memicu tsunami mematikan dan krisis PLTN Fukushima.

Diketahui bahwa Jepang terletak di “Cincin Api” Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.