Persiapan Masuk Perguruan Tinggi, SMABU Gelar Webinar Expo Campus 2020

Expo Campus
Webinar Expo Campus 2020, "Mempersiapkan Diri Demi Masa Depan", Kamis (17/12/2020).

JOMBANG, LINES.id – SMA Budi Utomo Gadingmangu, Perak, Jombang menggelar Webinar Campus Expo 2020 melalui video teleconference zoom dan kanal YouTube SMABU, Kamis (17/12/2020). Mengangkat tema “Mempersiapkan Diri Demi Masa Depan” webinar menghadirkan Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM), Chief Executive Officer (CEO) Aku Pintar dan para Alumni SMA Budi Utomo. Webinar diikuti juga oleh seluruh siswa kelas XII SMA Budi Utomo.

Expo Campus merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberi pengetahuan, pemahaman khususnya para siswa dan orang tua dalam mempersiapkan diri di dunia perkuliahan baik dari sisi administrasi, jalur masuk ke perguruan tinggi maupun mental dengan di dasari bakat dan minat.

Webinar dipilih sebagai rantai informasi supaya siswa semakin tau dan memahami mengenai perkuliahan yang akan dituju. Kondisi pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat para siswa untuk menggapai cita-citanya menuju kampus favorit mereka.

Pentingnya Melanjutkan Perguruan Tinggi

Dosen Fakultas Kehutanan UGM Atus Syahbudin SHut MAgr PhD melalui materinya “Motivasi Pentingnya Melanjutkan Studi ke Perguruan Negeri Baik di Indonesia Maupun di Luar Negeri” mengungkapkan pentingnya melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi.

“Melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi dapat memberikan peluang dan menambah keterampilan serta pengalaman. Memang untuk kuliah tidak sedikit biaya yang dikeluarkan sebagai investasi di masa mendatang, namun apabila kita memaksakan untuk berhenti hanya pada jenjang SMA, maka peluang profesi yang di dapatkan sangatlah minim dari segi keterampilan dan pengalaman,” urainya.

Baca juga: Kajian Katastrofe Antarkan Mahasiswa FIB UGM Raih Dua Medali Emas PIMNAS ke-33

Baca juga: Mahasiswa UNM Pemenang Outstanding Student of Asia Pacific (OSAP) 2020 Competition

 

Expo Campus
Webinar Expo Campus 2020, “Mempersiapkan Diri Demi Masa Depan”, Kamis (17/12/2020).

Sekretaris Prodi Fakultas Kehutanan UGM ini menegaskan, perlu digaris bawahi, biaya bukan menjadi penghalang untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, “Mengapa demikian? Karena banyak sekali beasiswa-beasiswa yang ditawarkan baik kampus luar negeri maupun kampus dalam negeri,” ungkapnya.

“Namun untuk mendapatkan beasiswa ini harus ada bekal dan persiapan seperti mahir berbahasa inggris, memiliki portofolio, nilai raport tinggi, kemauan yang kuat, mimpi, usaha dan doa,” imbuhnya.

Kuliah sebagai pijakan untuk menggapai cita-cita yang lebih tinggi. “Untuk menunjang hal tersebut, maka carilah pengalaman melalui organisasi, meningkatkan kemampuan berbahasa asing, magang, serta publikasikan tulisanmu,” pungkasnya.

 Aplikasi Aku Pintar

Guna mendukung langkah menuju jenjang Perguruan Tinggi, kini telah hadir aplikasi Aku Pintar. Sebagaimana yang dipaparkan narasumber Lutvianto P Handoko, ST MMT selaku CEO Aku Pintar melalui materi “Bakat Minat dan Jati Diri”. Disampaikan bahwa 87% berdasarkan data dari Indonesia Developer Forum, pelajar Indonesia merasa salah jurusan dan lebih dari 71,7% pekerja Indonesia tidak bekerja sesuai dengan latar belakang Pendidikannya.

Faktanya, banyak siswa memilih…

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.