Pakar Ekonomi Syariah: Meski Pandemi, Umat Islam Wajib Tunaikan Zakat

  • Bagikan
Zakat
Pakar ekonomi syariah H Ardito Bhinadi saat memberikan kultum malam ke-27 ramadan di Masdanis, Sabtu (8/5/2021)

SLEMAN, LINES.id – Umat muslim supaya memahami bahwa pandemi saat ini merupakan cobaan dari Allah SWT sehingga pantang untuk menyerah dan melalaikan berbagai kewajiban. Hal ini disampaikan pakar ekonomi syariah Dr H Ardito Bhinadi SE MSi saat memberikan kultum Ramadan malam ke-27 di Musala Dani Salamah Sambisari (Masdanis), Sabtu (8/5/2021).

“Memperoleh rezeki yang halal walaupun di masa sulit itu hukumnya wajib dan supaya tetap menunaikan zakat fitrah bagi setiap orang Islam. Jika sampai mengonsumsi barang haram, maka neraka lebih berhak atasnya,” tegas H Ardito yang juga sebagai Dosen UPN Veteran Yogyakarta.

Ardito mengingatkan pula bahwa harta merupakan fitnah di dunia, alam kubur dan akhirat. Tidak sedikit terjadi pertikaian karena harta. Hartanya tidak diambil sebagian untuk berzakat fitrah.

Baca juga: Ketua LDII Tabanan: Tansikul Harakah Solusi Selesaikan Permasalahan Umat

Baca juga: LDII Troketon Gelar Peresmian Masjid Nurul Huda dan Buka Puasa Bersama

 

“Dari manakah asal harta dan untuk apa sajakah harta digunakan itu kelak akan dipertanyakan,” jelasnya.

Untuk itu, pengurus MUI Pusat Periode 2016-2021 ini pun mengajak orang Islam agar bersedekah guna membersihkan kekayaannya. “Jangan mudah silau terhadap harta. Takutnya kita terhadap kemiskinan jangan sampai melebihi takutnya terhadap api neraka, sehingga enggan berzakat fitrah. Jadilah orang kaya yang faham agama dan dermawan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, pengurus takmir Masdanis H Abdul Alim, H Chusnan, H Edi Susanto, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) DIY Atus Syahbudin SHut MAgr PhD, dan Ketua PAC LDII Desa Purwomartani H Sunarto.

  • Bagikan