Prof Sukardi Weda Menguji S3 di PPS UNM

UNM
Prof Sukardi Weda saat menguji S3 PPS UNM secara daring, Senin (10/1/2022).

MAKASSAR, LINES.id – Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Ujian Promosi Doktor atas nama Harlan SAg MPd secara daring pada Senin (10/1/2022) yang dihadiri oleh 70 orang peserta.

Adapun tim penguji dalam ujian Promosi Doktor ini adalah Prof Dr H M Basri Wello MA (Promotor), Prof Dr Baso Jabu MHum (Kopromotor), Prof Dr Sukardi Weda SS MHum MPd MSi MM M SosI MAP (Kopromotor), Prof Dr Haryanto MPd (Penguji Internal), Prof Drs Muhammad Basri Jafar MA PhD (Penguji Internal), Prof Dr Kisman Salija MPd (Penguji Internal), dan Dr Jumharia Djamereng MHum (Penguji Eksternal).

Dalam Promosi Doktor tersebut, Promovendus, Harlan SAg MPd menyampaikan hasil penelitian disertasinya berjudul “Developing English Teaching Materials Based on Needs Analysis for Journalistic Students at UIN Alauddin Makassar”.

Setelah mempertahankan disertasinya dari pertanyaan-pertanyaan tim penguji, Harlan SAg MPd dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar Doktor (Dr).

Dr Harlan SAg MPd yang sehari-hari sebagai staf di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, tercatat sebagai Doktor (Dr) ke-86 di Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Inggris PPS UNM dan tercatat sebagai Doktor ke-1008 yang dihasilkan PPS UNM.

Dalam pesan-pesannya, Prof Dr H M Basri Wello MA, yang juga Promotor mengingatkan bahwa gelar itu terbatas pada bidang studi yang digeluti, yakni Bahasa Inggris.

“Oleh karena itu, kalau ingin berpendapat di bidang displin lain, harus mappatabe dulu pada ahlinya. Bagaimana kita memberi pandangan-pandangan terhadap bidang kita. Terus berkarya,” katanya.

UNM
Prof Sukardi Weda

Hal senada juga disampaikan oleh Prof Dr Sukardi Weda, yang juga Kopromotor. Ia mengajak supaya Dr Harlan SAg MPd terus berkarya untuk melahirkan buku, artikel, HAKI, dan pengabdian lainnya. Sukardi Weda juga mengajak Dr Harlan untuk melakukan penelitian dan publikas, (joint research & publication) bersama.

Diketahui, Sukardi Weda telah berinteraksi sebagai pembimbing dengan Dr Harlan sejak ia mengambil program S2 di PPS UNM.

Sukardi Weda menilai, Dr Harlan adalah sosok pekerja keras, ulet, sabar, dan murah senyum. “Sifat-sifat seperti inilah yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan,” katanya.