Pertahankan Disertasi CRM, Dosen Unifa Sukses Raih Doktor di PPS UMI

UMI
Dosen Tetap Yayasan Pendidikan Fajar, Verawati saat mengikuti ujian disertasi dalam promosi doktornya di Program Pascasarjana (PPS) Universitas Muslim Indonesia (UMI).

MAKASSAR, LINES.id – Dosen Tetap Yayasan Pendidikan Fajar, Verawati sukses mempertahankan disertasi dalam promosi doktornya di Program Pascasarjana (PPS) Universitas Muslim Indonesia (UMI). Dengan demikian Verawati resmi menyandang nama dan gelar menjadi Dr Verawati SE MM.

Kegiatan yang merupakan tahapan akhir untuk meraih gelar Doktor ini berlangsung secara virtual melalui video teleconference Zoom, Senin (24/8/2020).

Dalam sidang promosi Verawati tampil sebagai Ketua Sidang yakni Rektor UMI Prof Dr H Basri Modding SE MSi. Tim Promotor Prof Dr Hj Jeni Kamase SE MSi dan Prof Dr H Syamsu Nujum SE MSi. Tim Penguji (eksternal) Prof Dr H Veithzal Rival SE MM MBA, Prof Dr Said Sampara SH MH (lintas disiplin Ilmu).




Baca juga: Pandemi Covid-19, Summer Course Internasional UMI Dikuti 5 Negara

Baca juga: Dosen Fakultas Pertanian UMI Beri Solusi Pengolahan Cabe Rawit dengan Penerapan Teknologi Budidaya

 

Lalu, ada Prof Dr Salim Basalamah SE MSi, Dr Sabri Hasan SE MM, Dr Mukhlis Sufri SE MSi, dan Dr Asdar Djamerang SE MSi yang juga sebagai penguji internal.

Dalam disertasinya, Verawati mengambil judul penelitian “Pengaruh Citra Merek, Customer Relationship Management (CRM) terhadap Nilai Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Bank Umum Syariah di Kota Makassar”.

Tujuan penelitian

“Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) menguji dan menganalisis pengaruh citra merek terhadap nilai pelanggan, (2) menguji dan menganalisis pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan. (3) menguji dan menganalisis pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui nilai pelanggan. (4) menguji dan menganalisis pengaruh CRM terhadap nilai pelanggan (5) menguji dan menganalisisi pengaruh CRM terhadap loyalitas pelanggan,” tutur Verawati.




Baca juga: Dosen FS UMI Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Pengembangan Usaha Buah Semu Jambu Mete

Baca juga: WR I UMI Bocorkan Strategi Capai Posisi ke 64 Klasterisasi Perguruan Tinggi Nasional

 

“Keenam menguji dan menganalisis pengaruh CRM terhadap loyalitas pelanggan melalui nilai pelanggan, (7) menguji dan menganalisis pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan,” sambung Verawati.

Desain penelitian ini, katanya, menggunakan metode survei dengan pengumpulan data secara cross-section melalui kuisioner. Pengumpulan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak dan proporsional dengan jumlah responden sebanyak 278 orang pada Bank Umum Syariah di Kota Makassar.

“Metode analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan sebagaimana 7 poin seperti dalam tujuan penelitian tersebut,” ucapnya.

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.