Warga LDII Magelang Ikuti Webinar Cakap Digital Kominfo RI Kerja Sama LDII Jawa Tengah

ldii cakap digital
Warga LDII Magelang mengikuti Webinar Cakap Digital yang digelar Kominfo bekerja sama dengan DPW LDII Jawa Tengah, Rabu (21/9/2022) malam.

MAGELANG, LINES.id – Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia bekerja sama dengan DPW LDII Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan webinar “Makin Cakap Digital 2022 Komunitas Jateng”. Webinar mengambil tema “Membangun Ketahanan Budaya di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0”. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Siber Kreasi Kominfo RI yang bertujuan mensosialisasikan kecakapan digital dalam perkembangan teknologi saat ini.

Webinar Cakap Digital kali ini diikuti oleh lebih dari 60.000 warga LDII di Jawa Tengah yang terbagi di lebih dari 3.000 titik baik personal maupun studio-studio mini. Di Magelang sendiri, terdapat lebih dari 1.000 warga LDII Magelang di lebih dari 50 titik di tiap PAC yang mengikuti webinar guna meningkatkan literasi digital, Rabu (21/9/2022) malam.

Kegiatan webinar kali ini dibuka oleh Menteri Kominfo RI Johny G Plate sebagai keynote speaker yang mengingatkan di era digitalisasi saat ini, masyarakat harus mampu beradaptasi dengan dunia digital yang semakin maju. “Tingginya perkembangan dalam teknologi memberikan banyak kesempatan dan peluang, terutama para generasi muda untuk berkarya membangun bangsa ini,” katanya.

Selain itu, Ketua DPP LDII Ir KH Chriswanto Santoso MSc juga memberikan materi mengenai pemanfaatan digitalisasi bagi generasi muda. Menurutnya, banyak peluang yang bisa diciptakan oleh masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan digitalisasi ini.

Baca juga: Pengurus LDII Hadiri Pelantikan Pengurus IPSI Mimika

“Di dunia digital ini masyarakat harus mampu menciptakan suasana yang tidak perlu takut mengalami percepatan perkembangan digitalisasi yang semakin luar biasa,” ujarnya.

Tak hanya itu, webinar juga dihadiri oleh Prof Dr Singgih Tri Sulistiyono MHum Ketua DPW LDII Provinsi Jawa Tengah. Menurutnya, kegiatan webinar ini merupakan bagian dari program menciptakan literasi digital di masyarakat sehingga masyarakat tidak hanyut dalam dunia digital saja, tetapi bisa menggunakan digitalisasi sebagai nilai tambah bagi dirinya sendiri serta lingkungan sekitar.

Terdapat dua narasumber lainnya yaitu H Lukman Abdul Fatah SSi MSi (Ketua Bidang Teknologi Informasi dan Aplikasi Telematika DPP LDII) dan Eka Y Saputra (Konsultan Teknologi Informasi) yang menyampaikan mengenai etika digital serta kecakapan digital.

Ketua DPD LDII Magelang H Modrik Santoso SPd MPd berharap dengan adanya kegiatan webinar ini, warga LDII bisa semakin mengenal digitalisasi dan bisa memanfaatkannya untuk urusan yang lebih baik, seperti bisnis sehingga bisa menghasilkan rezeki untuk meningkatkan ibadah dan tidak terjerumus dalam arus negatif dunia digital.

“Adanya kegiatan Webinar Cakap Digital ini juga diharapkan mampu melihat manfaat digitalisasi sebagai media untuk mengaji dan mencari ilmu,” tuturnya.