Persinas ASAD Biak Numfor Ikut Serta dalam Karnaval Harmoni Budaya Nusantara

persinas asad biak numfor
Persinas ASAD Kabupaten Biak Numfor mengikuti Karnaval Harmoni Budaya Nusantara dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77, Senin (15/8/2022).

BIAK, LINES.id – Perguruan Silat Nasional (Persinas) ASAD Kabupaten Biak Numfor mengikuti Karnaval Harmoni Budaya Nusantara dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77, Senin (15/8/2022). Bergabung dalam barisan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Biak Numfor bersama perguruan lainnya, karnaval dilepas oleh ibu Bupati Biak Numfor dan diterima Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap SSi MPd.

Atlet Persinas ASAD peraih medali emas pada PON Papua Lutfi Ebiyanto turut menampilan jurus ganda di panggung kehormatan yang disambut Bupati Biak Numfor. Salah satu pengurus Persinas ASAD yang juga pengurus IPSI Biak Numfor pun ikut serta dalam meramaikan Karnaval Harmoni Budaya Nusantara.

Karnaval bertajuk Bhineka Tunggal Ika ini digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor. Karnaval juga diikuti para siswa SD dan SMP se-Kota Biak dengan semangat berbeda-beda tetapi tetap satu, yang dicerminkan dalam tampilan pakaian adat dan beragam profesi.

Baca juga: Persinas ASAD Manokwari Ikut Serta Meriahkan Karnaval Budaya Nusantara

Bupati Herry mengatakan, budaya nusantara, pakaian merah putih, dan berbagai profesi dengan membawa sejumlah spanduk atapun pamflet menjadi tampilan utama yang diusung oleh masing-masing murid ataupun siswa atau siswi dari 34 SD dan 10 SMP atau MTs.

“Pelepasan karnaval dan lomba sebagai rangkaian memeriakan HUT Kemerdekaan dilakukan secara bergantian oleh pimpinan daerah termasuk sejumlah pejabat terkait lainnya,” katanya seperti dilansir Tribunnews.

Dalam karnaval sebelumnya, dilepas secara bergiliran oleh Bupati, Wakil Bupati dan Kepala Kejaksaan Negeri Biak. “Mari kita isi kemerdekaan dengan terus meningkatkan karya dan kerja-kerja tulus kita sesuai dengan kapasitas masing-masing,” imbaunya.

Ia berpesan, untuk dapat menjadikan semangat juang dan semangat rela berkorban para pejuang kemerdekan di berbagai aktivitas.