Taaruf Kubro 22, Pemuda LDII Jayapura Dibekali Menikah Secara Syari

taaruf kubro
DPW LDII Papua menggelar Taaruf Kubro 22 yang diikuti pemuda pemudi LDII se-Kabupaten/Kota Jayapura.

JAYAPURA, LINES.id – Membangun rumah tangga yang langgeng bahagia dan sejahtera bukanlah persoalan yang mudah, termasuk mulai dari proses memilih calon suami atau calon istri, agar pasangan itu langgeng lestari seumur hidup.

Pasalnya dalam sebuah pernikahan tentu tidak lepas dari permasalahan rumah tangga, kesiapan untuk melangsungkan pernikahan sangat berpengaruh pada cara pasangan dalam menghadapi dan mengatasi permasalahan yang terjadi.

Konsep taaruf diharapkan berujung pada pernikahan yang sah, dimana tidak ada proses pacaran sebagaimana ajaran Islam yang berdasar Alquran dan sunnatullah. Taaruf diharapkan akan memberikan ketenangan dan tentunya rahmat dari Allah SWT.

Pernyataan tersebut disampaikan H Arif Retop, dewan penasihat DPW LDII Provinsi Papua pada pembukaan kegiatan edukasi dan sosialisasi serta pembekalan pengetahuan pra nikah “Taaruf Kubro 22” yang digelar di Masjid Arrosyid Entrop, Kota Jayapura, Papua, Minggu (31/7/2022).

Baca juga: LDII Hadiri Undangan LPTQ, Pelepasan Kafilah Mimika dan Doa Bersama

Taaruf Kubro 22 yang bertemakan “Ketika Terpikat Menjadi Terikat” ini oleh panitia diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti nasihat agama, taaruf, games, sharing session, talkshow, dan wedding plan yang diikuti sebanyak 90 pemuda-pemudi usia menikah se-Kota/Kabupaten Jayapura dan Keerom.

Menurut Fuad Jourdan selaku ketua pelaksana Taaruf Kubro 22 mengatakan, acara seperti ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar yang baik untuk para pemuda-pemudi yang sudah matang dan siap menikah namun belum menemukan calon suami atau istri.

“Sebelumnya acara seperti ini juga telah kami laksanakan beberapa kali dan alhamdulillah telah banyak generus LDII yang menjalankan sunnah menikah secara syari dan tanpa pacaran atau pergaulan bebas,” tutur Fuad.

Adapun peserta wanita berumur di atas 19 tahun berjumlah 44 orang dan peserta pria berumur di atas 21 tahun bejumlah 46 orang. “Taaruf Kubro 22 ini diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta yang mana perlu diberikan pengertian, pemahaman, makna dan tujuan pernikahan agar kelak saat mengarungi bahtera rumah tangga terwujud sakinah mawaddah warohmah,” tambah Fuad.

Baca juga: Buka Muscab, Panewu Harap LDII Berkontribusi untuk Kapanewon Sanden

Sementara Lutfi Yudha salah satu peserta asal Kabupaten Jayapura yang mengikuti Taaruf Kubro 22 ini mengaku mendapatkan motivasi untuk berumah tangga dan senang dapat mengikuti kegiatan yang digelar pengurus LDII.

“Materinya sangat bagus, diselingi berbagai game dan talkshow, yang terpenting kami mendapat siraman rohani keimanan, bekal ilmu membangun rumah tangga, sehingga kami punya keberanian untuk segera melangkah ke pelaminan jika sudah bertemu jodoh,” pungkas Lutfi Yudha. (d.oa/LINES)

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.