LDII Mimika Gelar Webinar Parenting ‘Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kepribadian Anak’

LDII Mimika
DPD LDII Mimika menggelar webinar parenting bertemakan "Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kepribadian Anak", Minggu (31/10/2021)

TIMIKA, LINES.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Mimika menyelenggarakan webinar parenting bertemakan “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kepribadian Anak” bertempat di Gedung Serbaguna DPD LDII Kabupaten Mimika, Jalan Hasanuddin, Kota Timika, Papua, Minggu (31/10/2021).

Webinar menghadirkan pemateri dari Anggota Departemen Pendidikan Umum dan Pelatihan DPP LDII Dra Hj Nana Maznah Zubir MSi dan Anggota Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga DPP LDII Dr Dewi Ilma Antawati SPi MSi.

Dra Hj Nana dalam paparan materinya mengatakan, di era digital sekarang ini penggunaan gadget sangat meningkat, “Kita hidup di era teknologi di mana teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Kita hidup di mana anak kita terlahir di dunia digital dan itu sebuah kebutuhan yang tidak bisa dilepas dari kehidupan generasi kita,” katanya.

Teknologi saat ini berkembang sangat pesat utamanya pada era digital. “Dengan adanya kemajuan ini kita dapat melakukan apa saja hanya dalam genggaman gadget, seperti pesan makanan, pesan tiket, mencari ilmu pengetahuan, mengobrol dengan teman, mengaji, rapat dan lain sebagainya,” ujarnya.

Baca juga: Hadiri Pengukuhan Pengurus Periode 2021-2026, LDII Siap Dukung Program Kerja MUI Sulsel

Tidak hanya itu, guru di era digital sekarang ini juga menyesuaikan dengan zamannya. Sekarang harus melek digital, contohnya guru mengajar menggunakan komputer. Teknologi di era digital turut memberikan dampak positif yakni mengembangkan keterampilan teknik dan sosial melalui belajar beradaptasi, bersosialisasi, dan mengolah jaringan serta dapat memperluas jaringan pertemanan di seluruh Indonesia.

“Persahabatan tetap dapat dibangun meskipun tidak saling bertemu, masing-masing dapat saling memperoleh informasi baik berupa foto, video, berkomentar, dan memudahkan pula dalam bertransaksi,” paparnya.

Dampak Negatif di Era Digital

Jaringan sosial akan membuat lebih fokus pada diri sendiri, menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar, seperti menghabiskan waktu di internet dan kurangnya berempati di dunia nyata, dapat melakukan predator kejahatan, penipuan, dan perjudian.

Dra Hj Nana berharap seluruh warga LDII bijak memanfaatkan teknologi untuk kebaikan tidak hanya ekonomi melainkan seluruh sendi kehidupan, termasuk sosial budaya dan agama.

“Kami berharap warga LDII Kabupaten Mimika bijak dalam memanfaatkan teknologi era digital tidak hanya ekonomi melainkan seluruh sendi kehidupan termasuk sosial budaya dan agama selain itu juga orang tua dapat mempersiapkan masa depan anak-anaknya menghadapi masa depan,” pungkasnya.

Di sela sela itu, Dr Dewi ilma Antawati SPi MSi memaparkan realita dan tantangan saat ini sangat mengkawatirkan orang tua yaitu kecanduan games pada anak, keterpaparan pornografi pada anak dan lain sebagainya. Oleh karna itu keluarga harus cerdas dalam menghadapi anak yang kecanduan games dan menghabiskan waktu untuk bermain media sosial, Fb, Instagram, twitter, google, YouTube, whatsAp, telegram, dan tiktok.

Baca juga: LDII Gelar Vaksinasi Massal bersama Polres Manokwari

“Mari para orang tua untuk meluangkan waktunya bermain bersama anak, berinteraksi, berkomunikasi. Yang perlu dihindari saat ini pada anak adalah kekerasan, melihat gambar yang tidak senonoh, melihat konten yang tidak bagus, dan durasi pemakaian hp pada anak perlu dibatasi. Oleh karena itu warga  LDII agar selalu meningkatkan kepahaman agamanya dengan cara mengikuti secara rutin pengajian pengajian yang diprogramkan oleh PPG,” ucapnya.

Kegitan webinar parenting ini dihadiri ratusan warga LDII mimika secara offline bertempat di Aula gedung serbaguna LDII Mimika dan warga LDII Tembagapura mengikuti webinar parenting secara online serta tetap mengikuti protokol kesehatan. (Muslimin/Muh Ilham/LINES)

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.