Bertemu Syekh Ali Jaber, Dai Kamtibmas Ajak Kerja Sama Bidang Dakwah

  • Bagikan
Syekh Ali Jaber
Dai Kamtibmas Nasional bersilaturahmi dengan Syekh Ali Jaber di Hadrami House Resto Jakarta, Selasa (15/12/2020).

JAKARTA, LINES.id – Dai Kamtibmas Nasional yang diketuai Sarji Faisal yang juga pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) bersilaturahmi dengan Syekh Ali Jaber di Hadrami House Resto Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Dalam pertemuan tersebut, hadir pula Sekjen Dai Kamtibmas Eddy Supriady, Wasekjen Anto Jumain, dan dewan penasihat Muchidin. Sedangkan Syekh Ali Jaber didampingi, Ketua Yayasan Habib Abdurahman Al- Habsyi, Wasekjen Yayasan Syekh Ahamd Jaber dan Manager Eksekutif Dermawan.

Anto Jumain dalam kesempatan tersebut memperkenalkan sekilas anggota dari Dai Kamtibmas, yang terdiri dari berbagai macam latar belakang dengan tujuan utamanya adalah untuk melakukan dakwah yang sejuk.

Sarji Fasial menambahkan, Dai Kamtibmas merupakan inisiasi dan dibentuk oleh Mabes Polri. “Tapi kami membuat forumnya, komunitasnya yaitu orang-orang yang sudah dibekali dan diberikan pelatihan oleh Mabes Polri agar dapat melaksanakan dakwah yang ramah, cinta tanah air, yang terhimpun dalam Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) yang sudah tersebar di seluruh Indonesia,” papar Sarji.

Baca juga: Susun Proker 2021, LDII Lamongan Fokus Pendidikan Karakter

Baca juga: LDII Sumedang Terima Bantuan Paket Sembako dari BSM

 

Menurutnya, Dai Kamtibmas serupa dengan Yayasan Ali Jaber, yang juga memiliki program hafiz Alquran. “Di beberapa sentra Dai Kamtibmas juga memiliki masjid yang memberikan materi mengenai tahfiz dan tafsir,”ujarnya.

Yayasan Ali Jaber

Dalam pertemuan ramah tamah itu, Habib Abdurahman menjelaskan sekilas tentang Yayasan Ali Jaber yang didirikan oleh Syekh Ali Jaber, berfokus dan bergerak dalam bidang dakwah, sosial dan pendidikannya adalah Alquran.

“Pendakwahnya terdiri dari Syekh Ali Jaber, Syekh Muhammad Jaber, Syekh Husein Jaber dan Syekh Anas Jaber, yang masing-masing syekh memiliki majelis atau tempat dakwahnya sendiri. Dalam satu bulan bisa melakukan dakwah sebanyak 90 titik di berbagai daerah di Indonesia,” ujarnya.

Syekh Ali Jaber
Dai Kamtibmas Nasional bersilaturahmi dengan Syekh Ali Jaber di Hadrami House Resto Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Kemudian dalam bidang sosial, Yayasan Ali Jaber juga turut andil dalam membantu mewujudkan infrastruktur masyarakat seperti pembangunan masjid, renovasi rumah dan lain sebagainya. Fokus utama dari Yayasan Ali Jaber adalah untuk mewujudkan generasi yang qurani, generasi penghafal quran.

Baca juga: Asisten I Setda Nabire: LDII Berkontribusi Positif untuk Kemajuan Kabupaten Nabire

Baca juga: FGD LDII Jawa Barat, Perketat Protokol Kesehatan dan Protokol VDJ

 

Keberhasilan Dakwah

Syekh Ali Jaber dalam silaturahmi itu menjelaskan bagaimana dakwah ini dapat berhasil dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah semangat kesatuan dalam melakukan dakwah kepada umat khususnya di Indonesia. Memahami Islam dari Alquran dan mempelajari berbagai mahzab, serta mengabaikan khilafiyah yang memiliki perbedaan persepektif dan memicu pada perpecahan.

“Yang perlu terus diperjuangkan adalah ukhuwah wathoniyah, ukhuwah islamiyah dan ukhuwah insani karena kami satu negara. Setiap zaman ada orang munafiknya, maka yang perlu kami lakukan adalah mendiamkannya atau tidak membalas dengan kejahatan yang serupa,” ujar Syekh Ali Jaber.

Selain itu dakwah yang berhasil juga didukung dengan materi yang cukup. “Maka dalam hal ini saya mempunyai cita-cita para pendakwah/dai pada masa depan adalah seorang pendakwah yang cukup hartanya, sejahtera, seperti dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad berhasil karena didukung juga oleh istrinya Khadijah,” katanya.

Harapan ke depan dalam silaturahim tersebut antara Dai Kamtibmas dan Yayasan Ali Jaber dapat bekerja sama dalam bidang dakwah dan bersinergi dalam membangun masa depan negara berpedoman pada pemahaman agama yang kuat, yaitu rahmatan lil alamin.

  • Bagikan