PW Muslimat NU Sulsel Gelar Pelatihan Dakwah bil IT

NU Sulsel
PW Muslimat NU Sulsel menggelar Pelatihan Dakwah bil IT, Sabtu (12/12/2020)

MAKASSAR, LINES.id – Perkembangan teknologi informasi di era digital saat ini melaju dengan cepat dibarengi dengan berbagai inovasi yang banyak mempengaruhi pola kehidupan. Antara lain keluarga, masyarakat, kehidupan intern dan antar umat beragama, budaya, politik, serta tata komunikasi antar bangsa dan negara.

Hal tersebut menjadi tantangan serius bagi institusi sosial keagamaan termasuk Muslimat NU. Untuk itu, dalam rangka menyiapkan daíyah Muslimat NU dalam memanfaatkan media baru beserta aplikasinya sebagai sarana dalam berdakwah, maka digelar pelatihan Dakwah bil IT.

Hal ini disampaikan ketua PW Muslimat NU Sulsel Dr Ir Hj Andi Majdah Agus AS MSi saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara yang berlangsung di Hotel Continent, Sabtu (12/12/2020).

Baca juga: Ketum Senkom: Pilkada Serentak 2020 Berlangsung Aman Sesuai Protokol Covid-19

Baca juga: Sukardi Weda Hadiri Tudang Sipulung Forum UKM UNM

 

Majdah yang juga Rektor UIM ini menambahkan, pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini Muballigah Muslimat NU tidak menghalangi gerakan dalam berdakwah. Justru sebaliknya, kondis saat ini dijadikan kesempatan untuk semakin kreatif dan inovatif dalam memberikan pelayanan dakwah kepada umat dengan berbasis Teknologi Informasi.

“Berdakwah merupakan kewajiban kita semua, Allah memerintahkan kita semua untuk menyeru kepada kebaikan, karena itu, terbatasnya penyampaian materi dakwah melalui tatap muka (offline) dengan beralih penggunaan IT, menuntut kita untuk lebih kreatif dan inovatif dalam berdakwah,” ungkapnya.

Narasumber Kegiatan

Sementara itu, ketua Panitia, Dr Indo Santalia MA, di dampingi sekertaris panitia, Dr Hj A Herawaty MA dalam laporannya menyampaikan kegiatan yang diikuti sebanyak 30 orang, utusan PC Muslimat NU Kab/Kota se Sulsel dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan.

Baca juga: Rawan Dikorupsi! Bansos Rp 408 T Siap Disebar 2021

Baca juga: Respon Cepat Keluhan Warga, Ombudsman Sulbar Apresiasi Disdukcapil Majene

 

Kegiatan bertujuan meningkatkan kompetensi Daiyah Muslimat NU secara optimal dalam menyampaikan nilai-nilai islam aswaja, meningkatkan kualitas dan kuantitas pembinaan keagamaan kepada umat sebagai komitmen dakwah amar ma’ruf nahi mungkar.

Menghadirkan narasumber Kabid Kemenag Agama Drs Rappe MPd (Kebijakan Kemenag terkait Pembinaan Daiyah), Dr HJ A Majdah Agus AN MS (Peran Muslimat NU dalam membumikan dakwah aswaja di era digital), H L Arumahi MHi (Etika pengguaan IT dalam berdakwah), Dr H Kamaluddin Abunawas MA (Konten dakwah islam moderat) dan Dra Marliah Rahim (Panduan praktis penggunaan aplikasi sebagai media dakwah).

“Selain penyampaian materi dilanjutkan praktik penggunaan aplikasi dalam mengedit konten dakwah Islam Moderat,” tambah A Herawaty, yang juga Dosen UIM.

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.