Kado Terindah Kemerdekaan RI, OSN 2022 Lahirkan Generasi Emas Indonesia Bidang Sains

osn 2022
Kemendikbudristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan UPT Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah sukses menyelenggarakan ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2022 untuk jenjang SD dan SMP (Foto: kemdikbud.go.id)

TANGERANG, LINES.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah sukses menyelenggarakan ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2022 untuk jenjang SD dan SMP.

Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek, Muhammad Hasbi mengatakan peserta OSN 2022 merupakan generasi emas bagi masa depan bangsa Indonesia untuk menuju Indonesia yang lebih baik. Menurutnya, penguasan ilmu sains merupakan hal dasar bagi kemajuan teknologi Indonesia.

“Terus berjuang, bersemangat belajar dan jadilah pribadi-pribadi tangguh yang memiliki ahlak luhur dan mulia. Teruslah berkarya dalam bidang sains, manfaatkanlah diri kalian masing-masing, dengan menjadi tutor sebaya bagi teman-teman kalian di daerah atau dengan cara yang lainnya. Bantulah teman-teman kalian dalam memahami sains tanpa harus membebani diri kalian,” terang Muhammad Hasbi saat menutup secara resmi OSN 2022 di Tangerang, Sabtu (6/8/2022).

Baca juga: UNM bermitra dengan IIK Pelamonia, Tingkatkan Kapasitas Dosen dalam Publikasi Ilmiah

Hasbi berharap ajang OSN menjadi wadah silaturahim seluruh siswa peserta dari wilayah Indonesia yang beraneka ragam. “Sesuai semboyan kita Bhinneka Tunggal Ika, berbeda tapi tetap satu jua. Jangan kita lupakan semboyan dari para pendiri bangsa, tapi terus kita pelihara sehingga Indonesia kuat dan kokoh dalam menghadapi segala tantangan maupun cobaan,” ujar Hasbi.

“Kalian semua adalah kado terindah bagi Indonesia di hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 tahun, yang sama-sama akan kita rayakan pada tanggal 17 Agustus 2022 nanti,” ucapnya.

Senada dengan Direktur SD, Kepala BPTI sekaligus Pelaksana tugas (Plt) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi menyampaikan OSN 2022 tidak hanya memupuk prestasi akademik siswa saja melainkan juga menanamkan karakter luhur Pancasila. “Kita ingin memupuk kecerdasan dan juga menanamkan karakter Pelajar Pancasila menjadi bagian dari Manajemen Telenta Nasional,” ungkap Asep Sukmayadi.

Menjelang peringatan kemerdekaan, lanjut Asep, OSN menandai pesan kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini yaitu Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. “Kita ingin adik-adik menjadi inspirasi bagi adik-adik sendiri, keluarga dan teman-teman di sekolah. Adik-adik sudah meluangkan waktu dan menunjukkan prestasi. Itulah juara yang sesungguhnya, 15-20 tahun kemudian, adik-adik akan meraih emas yang sesungguhnya dalam Generasi Indonesia Emas,” ucap Asep.

Baca juga: Bupati Klaten: SMP Generasi Penerus Hadir Majukan Pendidikan Daerah Perbatasan

Sebagai informasi, peserta OSN 2022 jenjang SD dan SMP merupakan hasil seleksi dari total peserta 88.975 siswa. Tes OSN telah dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu pada tanggal 2 dan 3 Agustus 2022 secara serentak di seluruh Indonesia dan peserta Indonesia yang berada di wilayah luar negeri.

OSN tingkat nasional tahun 2022 ini menghasilkan 60 pemenang jenjang SD dan 135 pemenang jenjang SMP. Selain diberikan medali emas, perak, dan perunggu, peserta juga diberikan plakat penghargaan predikat kategori The Best Theory (Teori Terbaik), The Best Overall (Keseluruhan Terbaik), The Best Observation (Observasi Terbaik), dan The Best Exploration (Eksplorasi Terbaik) untuk OSN SD bidang lomba Matematika dan IPA. Plakat penghargaan predikat juga diberikan untuk kategori Best Theory dan Best Observation untuk OSN jenjang SMP bidang lomba IPA dan IPS.

Kemendikbudristek juga melalui Puspresnas akan memberikan E-Sertifikat kepada seluruh peserta dan Piagam Penghargaan bagi para pemenang yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) serta uang pembinaan kepada para pemenang peraih medali OSN SD dan SMP tingkat nasional tahun 2022.