WR 3 UNM Membuka Seminar Nasional Kewirausahaan

  • Bagikan
Seminar Nasional Kewirausahaan
Program Studi Pendidikan Akuntansi FEB UNM menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan bertajuk "Start, Run, and Grow Your Business in the Era of Society 5.0" di FIP Convention Center, Sabtu (20/11/2021).

MAKASSAR, LINES.id – Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan bertajuk “Start, Run, and Grow Your Business in the Era of Society 5.0” di FIP Convention Center, Sabtu (20/11/2021).

Seminar Nasional Kewirausahaan tersebut dilaksanakan secara blended, yakni luring dan daring. Seminar ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar Dra Hj Sri Sulsilawati MSi mewakili Wali Kota Makassar, Wakil Rektor 3 UNM Prof Dr Sukardi Weda SS MHum MPd MSi MM MSosI MAP, Dekan FEB Prof Dr Thamrin Tahir MSi, Wakil Dekan 2 FEB Dr Basri Bado SPd MS, WD 3 FEB Sahade SPd MPd dan sejumlah dosen FEB UNM.

Narasumber dalam Seminar Nasional Kewirausahaan tersebut adalah Kabid Pengembangan dan pemberdayaan UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulsel Zainuddin SE MM Azlan Syah, Bendahara HIPMI Sulsel dan Muh Rifai.

Dalam sambutannya, Sahade SPd MPd Wakil Dekan 3 FEB sekaligus pengampu mata kuliah Seminar Akuntansi mengatakan bahwa Seminar Nasional Kewirausahaan ini adalah momentum untuk memperoleh ilmu pengetahuan sebagai bekal di masa depan.

Baca juga: WR 3 UNM Buka Webinar Nasional BKM PSYSPORT

Dalam sambutannya, Dekan FEB UNM Prof Dr H Thamrin Tahir MSi menyampaikan bahwa kegiatan seminar kali ini merupakan suatu rangkaian tahunan di Fakultas Ekonomi UNM, hanya yang berbeda adalah tema dengan mengikuti perkembangan dan isu-isu terkini satiap tahunnya.

Tujuannya adalah bagaimana seluruh peserta dan para narasumber yang berkompeten pada bidangnya dapat bertukar pikiran, pengalaman, dan pengetahuan mengenai suatu permasalahan ilmiah. “Bagaimana dapat mendorong para mahasiswa untuk dapat menciptakan usaha sendiri di usia produktif yang nantinya setelah mereka selesai tidak lagi menjadi pekerja dan tenaga kerja pada orang lain tetapi mampu mempekerjakan orang lain sehingga dapat berkontribusi terhadap bangsa dan negara untuk bisa mengatasi pengangguran yang setiap tahun semakin meningkat,” ujarnya.

Di tengah tantangan industri 5.0 yang sudah di depan mata belumlah cukup untuk mengemban amanah yang begitu besar sebagai seorang ilmuwan dan cendekiawan di tengah masyarakat. “Mahasiswa masih harus banyak belajar dan terus belajar di luar kampus untuk menguasai soft skill sebagai seorang pengusaha yang mandiri yang dapat memberikan manfaat besar bagi kehidupan masyarakat luas sebagai generasi penerus bangsa di masa yang akan datang,” jelasnya.

Baca juga: Mahasiswa UNM Raih Juara 1 Dara Pendidikan Sulawesi Selatan

Dalam sambutannya, Prof Dr Sukardi Weda mengatakan, sebagai pribadi dan sebagai WR 3 UNM, memberikan apresiasi atas terselenggaranya Seminar Kewirausahaan Nasional ini bertajuk “Start, Run, and Grow Your Business in the Era of Society 5.0”. “Ini sangat relevan dengan kondisi bangsa dan juga amanah dari visi misi UNM,” ujarnya.

Sukardi Weda juga mengatakan, peserta dalam seminar ini cukup banyak, dan dilakukan secara blended, ini menunjukkan bahwa seminar ini sukses. “Negara maju minimal 4% dari penduduknya adalah pengusaha. Generasi muda perlu mempersiapkan diri menghadapi Bonus Demografi, tahun 2030, dimana penduduk didominasi oleh usia produktif, yakni umur 15 – 64 tahun,” tutupnya.

  • Bagikan