PkM Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMK Nasional

  • Bagikan
Pengabdian Kepada Masyarakat Penelitian Tindakan kelas Bagi Guru-guru SMK Nasional Makassar

MAKASSAR, LINES.id – Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan tridhrama dosen yang wajib dilakukan oleh setiap perguruan tinggi baik perguruan tinggi  negeri maupun perguruan tinggi swasta. Tim Dosen pengabdi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang diketuai oleh Dr. Ir. Nasir Malik, M.T dan anggotanya  Dr. Ir. Hasanah, M.T dan Elfira Makmur, S. Pd., M. Pd. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar Melakukan pengabdian di SMK Nasional yang bertempat di Jl. Dr. Ratulangi kota Makassar, Sabtu, (21/8/2021)

Acara pembukaan dimulai dengan Sambutan oleh Kepala Sekolah SMK Nasional Ir. Mustamin kemudian dilanjutkan pemaparan materi inti oleh ketua Tim Pengabdi Dr. Ir. Nasir Malik, M.T. Pengabdian ini mengambil tema tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi guru-guru SMK Nasional Makassar. Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang diterapkan dalam aktivitas pembelajaran.

Baca juga: Konjen Australia Makassar Memberikan Studium Generale di UNM

Ciri khas dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah adanya tindakan nyata yang dilakukan sebagai bagian dari kegiatan penelitian dalam rangka memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Pelatihan ini diikuti oleh guru-guru SMK Nasional makassar dengan sangat antusias mengingat bahwa pelatihan ini sangat penting baik dalam memperbaiki kualitas pembelajaran maupun sebagai salah satu persyaratan bagi setiap guru ASN yaitu membuat sebuah karya ilmiah/artikel sebagai luaran dari penelitian. Selain itu Penelitian Tindakan kelas juga memberikan kemudahan bagi guru dimana guru dapat mengajar dan melaksanakan penelitian diwaktu yang bersamaan.

Pengabdian Kepada Masyarakat Penelitian Tindakan kelas Bagi Guru-guru SMK Nasional Makassar

Pelatihan ini berisi tentang pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dan langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas. Mulai dari cara pembuatan proposal penelitian sampai dengan cara melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan kelas memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang agar hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan mencapai hasil yang optimal.

Kegiatan pelatihan ini juga sangat menunjang profesi guru kaitannya dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yakni kompetensi professional dimana dari penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan pengalaman bagi guru untuk dapat terus meningkatkan kompetensinya sekaligus membantu guru dalam pencapaian angka kredit yang diperlukan untuk kenaikan pangkat.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para guru pada khususnya dan umumnya untuk dunia pendidikan. (*/rls)

  • Bagikan