Disdikpora Bantul Apresiasi Pembinaan Karakter Melalui Festival FORSGI DIY 2024

FORSGI DIY
Ketua Dewan Pembina FORSGI Pusat Irjen Purn. Drs. Sriyono, M.Si. saat membuka Festival FORSGI DIY 2024 di Stadion Dwi Windu Bantul, Minggu (23/6/2024).

BANTUL, LINES INDONESIA – Sebagai upaya memberikan motivasi kepada pemain usia dini dalam berkompetisi positif, Pengurus Forum Sepak Bola Generasi Indonesia (FORSGI) DIY menggelar festival pada Minggu (23/6/2024). Kegiatan yang berlangsung di Stadion Dwi Windu, Melikan Kidul, Bantul ini memperebutkan Piala FORSGI DIY 2024.

Festival diikuti 10 tim Kelompok Usia (KU) 10 dan 12 tahun dari seluruh kabupaten/kota se-DIY. Peserta berasal dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo masing-masing 1 tim setiap KU.

Ketua Umum FORSGI H. Agus Riyanto, S.T., M.Si. yang dalam hal ini diwakili Ketua Dewan Pembina Irjen Purn. Drs. Sriyono, M.Si. mendukung terselenggaranya festival ini dalam rangka persiapan mengikuti festival FORSGI di tingkat nasional. “Tim terbaik KU 10 dan 12 akan dikirim ke nasional untuk memperebutkan Piala Menpora,” katanya.

FORSGI merupakan forum olahraga generasi Indonesia yang didirikan sejak tiga tahun lalu karena terpanggil dengan semangat anak-anak dalam bermain sepak bola, “Mereka harus diwadahi, bermain sepak bola diatur waktunya sehingga main bola iya, ngaji iya, sekolah iya,” jelasnya.

Sriyono menegaskan, FORSGI mengutamakan pembinaan karakter untuk mewujudkan rukun, kompak, kerja sama yang baik, efektif dan efisien. “Anak-anak kami didik agar menjadi pemain bola berkarakter dan bisa membantu PSSI melahirkan bibit pemain yang membanggakan Indonesia,” pungkasnya.

Mengakhiri sambutannya, Sriyono membuka secara resmi Festival Sepak Bola Usia Dini U-10 dan U-12 Piala FORSGI DIY 2024 dan mengucapkan selamat bertanding.

Baca juga: Pj Walkot Prabumulih: FORSGI Sumsel Konsisten Didik Pemain Sepak Bola Profesional dan Berkarakter

Bupati Bantul dalam hal ini diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Bantul Dr. Hj. Titik Sunarti Widyaningsih, S.Pd., M.Pd. turut mengapresiasi Festival FORSGI DIY 2024 yang sejalan dengan visi Kabupaten Bantul yakni pengembangan sumber daya manusia unggul, berkarakter dan berbudaya istimewa. “Olahraga menjadi alat pembinaan karakter sportivitas, disiplin, kebersamaan atau gotong royong. Tepat sekali FORSGI mengadakan festival ini, kami berharap dapat bersinergi dalam membina anak usia dini,” ujarnya.

Ia menambahkan, pemerintah pusat saat ini memberikan penghargaan olahraga salah satunya cabang olahraga. Sehingga anak-anak yang memiliki prestasi olahraga bisa menjadi tambahan nilai. “Kalau adik adik memiliki potensi silakan dikembangkan sehingga menjadi generasi yang cerdas, berkarakter, dan bermartabat,” imbuhnya.

Pihaknya mendorong FORSGI untuk terus melaksanakan kegiatan positif dalam membangun karakter unggul, “Selamat bertanding, jaga sportivitas, jangan hanya mengejar prestasi tapi juga kebersamaan, mens sana in corpore sano,” tutupnya.

Untuk dipahami bersama bahwa FORSGI merupakan wadah yang dilahirkan oleh Komunitas Alumni Pe-sepakbola Nasional. Melalui wadah ini kemudian muncul gagasan cemerlang untuk mengadakan pembinaan sepak bola yang ditujukan untuk anak usia dini dan usia muda.

Agar dalam pembinaan para atlet FORSGI tetap mengedepankan profesionalisme, maka kesepakatan para pendiri dan di dalam struktur kepengurusanya, menggandeng para purnawirawan perwira tinggi TNI dan POLRI sebagai Dewan Pembina dan Dewan Penasehat.

Visi FORSGI menumbuhkan karakter yang sportif, rukun, kompak, dan kerja sama yang baik. Adapun misinya meliputi pengembangan, pembelajaran, dan pembinaan olahraga untuk masa depan sepak bola Indonesia yang lebih baik. FORSGI berkembang dan berjalan secara mandiri, swadaya dan gotong royong serta memegang moto Jeli dan Peduli.

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.