Cetak Generasi Cerdas Berkarakter Mandiri, KB-TK Alkarima Diresmikan

kb-tk alkarima
Peresmian KB-TK Alkarima di bawah naungan Yayasan Insan Prima, Senin (10/7/2023).

BANTUL, LINES.id – Bertepatan dengan hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2023/2024 pada Senin (10/7/2023), momen itu menjadi catatan sejarah bagi dunia pendidikan di Kabupaten Bantul. Pada tanggal tersebut, Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Alkarima yang beralamat di Gonjen RT 03, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul diresmikan.

KB-TK Alkarima merupakan satuan pendidikan formal berbasis keagamaan di bawah naungan Yayasan Insan Karima Kasihan yang memiliki komitmen untuk membentuk generasi penerus yang alim faqih, berakhlakul karimah, dan mandiri.

Pada peresmian gedung sekolah, hadir pengurus yayasan di antaranya pembina H. Nur Sahid, pengawas H. Sukamdi dan Deby Zulkarnain, sekretaris Sambudi, S.E., dan bendahara Gatot. Gedung sekolah diresmikan secara simbolis oleh pembina Yayasan Insan Karima, H. Nur Sahid dilanjutkan para siswa memasuki kelas.

Mewakili ketua yayasan, Sambudi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para siswa KB-TK Alkarima tahun ajaran 2023/2024. “Selamat datang untuk belajar, jadilah anak yang rajin, cerdas, dan berbakti kepada orangtua,” katanya.

Sambudi juga mengucapkan terima kasih kepada para orangtua yang telah menitipkan anaknya untuk belajar di KB-TK Alkarima, “Sebagaimana tujuan didirikan sekolah ini, KB-TK Alkarima tidak hanya menitikberatkan pada pembelajaran saja, tetapi mendidik para siswa agar memiliki karakter yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah KB-TK Alkarima Siti Halimah, S.Pd. mengungkapkan kebahagiannya dan mengapresiasi pihak-pihak yang terlibat dalam mewujudkan sekolah tersebut. “Hari ini adalah hari yang istimewa bagi kami semua, karena hari ini kami berkumpul untuk memulai perjalanan baru sebagai anggota keluarga besar sekolah ini,” katanya.

Baca juga: Puluhan Siswa TK Final Lomba Mewarnai, Perebutkan Piala Bupati Kulon Progo

Sekolah adalah tempat menghabiskan sebagian besar siswa dalam beberapa tahun yang akan datang. KB-TK Alkarima disebutkan Halimah, berkomitmen memastikan enam aspek pendidikan tercapai, yaitu nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.

“Kami juga mengedepankan enam thabiat luhur yaitu rukun, kompak, kerja sama yang baik, jujur, amanah, kerja keras, dan hemat. Semuanya akan tercapai apabila komitmen antara pendidik serta para wali seiring sejalan dalam melaksanakan program pendidikan yang telah kami jalankan,” urainya.

Halimah menjelaskan, sebelum pembelajaran dimulai, para siswa akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Para siswa akan dikenalkan dengan lingkungan sekolah, dan membentuk ikatan kuat antara guru dengan siswa dan guru dengan para wali.

Tahun ajaran 2023/2024 ini, KB-TK Alkarima menerima 17 siswa yang terbagi dalam dua kelas, KB dan TK A. Diampu oleh lima guru yang berpengalaman dibidangnya.

Pembelajaran dilaksanakan selama lima hari yakni Senin hingga Jumat. KB-TK Alkarima menyediakan berbagai fasilitas seperti permainan indoor, outdoor, dan ruang kelas yang nyaman.

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.