Rektor UMI di Tunjuk Bupati Untuk Membacakan Sejarah Singkat Hari Lahir 160 Kabupaten Jeneponto

JENEPONTO, LINES – Peringatan puncak Hari Jadi ke 160 Jeneponto, Rektor UMI, Prof Dr H Basri Modding SE MSi membacakan Sejarah singkat Kabupaten Jeneponto di Lapangan Passamaturukang Kabupaten Jeneponto, Senin (1/5/2023).

Prof Dr H Basri Modding SE MSi yang juga putra daerah Kabupaten Jeneponto diundang khusus oleh Bupati Jeneponto untuk membacakan sejarah singkat kabupaten Jeneponto di puncak hari Peringatan ke 160 Kabupaten Jeneponto.

Prof Basri mengawali pembacaan sejarah dengan menyampaikan bahwa kelahiran merupakan suatu proses yang panjang, momentum awal tercatatnya sebuah sejarah bangsa, negara, dan daerah. “Oleh karena itu, kelahiran memiliki makna yang sangat dalam bagi peradaban manusia” ujarnya.

Demikian pula kelahiran kabupaten Jeneponto sebagai salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang ditetapkan tanggal 1 Mei sebagai Hari Jadi yang dikukuhkan dalam peraturan daerah kabupaten Jeneponto nomor 1 tahun 2003 tanggal 25 April 2003.

Prof Barsi mengungkapkan bahwa penetapan hari jadi Kabupaten Jeneponto sebagai sebagai salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang terletak di bagian selatan membutuhkan waktu yang cukup panjang dan melibatkan banyak tokoh daerah yang melakukan kajian, mengacu dari berbagai peristiwa penting dan berdasarkan pertimbangan historis, sosiokultural, dan struktur pemerintahan, baik pada masa pra dan pasca kemerdekaan Republik Indonesia.

“Penetapan hari jadi ini juga mengacu pada pertimbangan eksistensi dan norma-norma serta simbol-simbol adat istiadat yang dipegang teguh dan dilestarikan oleh masyarakat dalam meneruskan pembangunan,” kata Prof Basri.

Peringatan puncak Hari Jadi 160 Kabupaten Jeneponto, diawali dengan penampilan 200 orang siswa dari sanggar Gabungan Binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto.

Sementara itu, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Bapak Gubernur Sulsel atas kehadirannya bersama rombongan dan menguraikan capaian kinerja sebagai bentuk apresiasi terhadap segala pencapaian seperti, Pertumbuhan Ekonomi capaian tertinggi dengan rentang waktu dengan menempatkan urutan 17.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat mengawali sambutanya, juga menyapa Rektor UMI sebagai Rektor yang memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dengan Pemprov Sulsel.

Selanjutnya di sela sambutannya Gubernur juga menyebut Rektor UMI Prof Basri Modding, sebagai salah satu contoh sumber daya, putra daerah terbaik Kabupaten Jeneponto.

Gubernur Sulsel juga dalam kesempatan tersebut, menandatangani beberapa prasasti pekerjaan yang telah terlaksana di Tahun 2022 dan memberikan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebesar 10 Milyar.

Kehadiran Rektor UMI di Kabupaten Jeneponto didampingi Ketua MT Ukhuwah UMI Dr Hj Amirah K Basri Modding dan Direktur PPs UMI Prof Dr H Sufirman Rahman SH MH yang juga Putra daerah Kabupaten Jeneponto. (*)

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.