Ikuti Kejuaraan Pencak Silat Bintang Pelajar Championship I 2022, Persinas ASAD Manokwari Sabet Medali

Persinas ASAD
Atlet Persinas ASAD Manokwari mengikuti kejuaraan bintang pelajar di Kota Manokwari.

MANOKWARI, LINES.id – Untuk pertama kalinya Yayasan Bintang Pelajar Manokwari Papua Barat menyelenggarakan kejuaraan pencak silat pra remaja dan remaja pada hari Kamis-Jumat tanggal 13-14 Januari 2022 di GOR Sanggeng Manokwari.

Kejuaraan diikuti sebanyak 123 atlet dari beberapa perguruan silat antara lain PSHT, IKS-PI Kera Sakti, Pagar Nusa, Persinas ASAD, Tapak Suci, Satria Tunggal, Seroja Papua dan Persatuan Hati. Peserta berasal dari Kota Manokwari, Manokwari Selatan, Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

Baca juga: Galeri Kegiatan Konsolidasi Persinas ASAD Nabire

Menurut Agus Hendro penggagas kegiatan ini yang juga adalah pemilik Yayasan Bintang Palajar yang bergerak dalam bimbingan belajar (bimbel) adalah ajang silaturahim antar pesilat dan dalam upaya menggali potensi atlet-atlet pencak silat untuk mengikuti kejuaraan-kejuaraan di even daerah dan nasional di masa-masa mendatang.

“Kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik berkat kerja sama yang apik terutama senior atlet Pon Papua Barat di era tahun 2007-an antara lain Hendra, Sudarto, Burhanudin dan sejumlah wasit juri,” kata Agus.

Lathifur Jailani pelatih tim Persinas ASAD Manokwari melaporkan bahwa dalam kesempatan ini Pengcab Persinas ASAD Manokwari turun dengan beberapa atlet andalan di antaramya atas nama Bima, Abil, Akbar, Nasrul dan Dhika yang berhasil meraih prestasi membanggakan dengan raihan 5 (lima) medali yaitu 1 (satu) emas, 3 (tiga) perak dan 1 (satu) perunggu.

Sementara itu ketua panitia Sudarto yang juga adalah wasit juri nasional IPSI dari Persinas ASAD pada event ini melaporkan bahwa wasit juri dari Persinas ASAD juga dipercaya untuk membantu jalannya pertandingan di antaranya Siswandi, Zulkarnain SP dan Parwono Alas Irianto.

Baca juga: Peningkatan Kapasitas SDM Pelatih, Pengkab Persinas ASAD Nabire Gelar Konsolidasi

“Ke depan diharap event ini dapat menjadi agenda Pengkab IPSI Manokwari dalam menjawab kekurangan even-even pertandingan pencak silat di Kota Manokwari,” imbuhnya.

Kejuaraan ditutup oleh I Gede Wiradana BA selaku Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari. Dalam sambutannya, ia menyampaikan banyak terima kasih dan berharap pembinaan harus terus ditingkatkan sehingga dapat berprestasi di tingkat selanjutnya semisal PON dan lain sebagainya.