LDII Jayapura Bergabung Dalam Ekspedisi Kerukunan Merah Putih di Puncak Cycloop

LDII Jayapura
Pemuda LDII mengikuti Ekspedisi Kerukunan Merah Putih (EKMP) ke-4 di Puncak Cycloop, 16-18 Agustus 2021.

SENTANI, LINES.id – Sebanyak sembilan pemuda Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jayapura mengikuti Ekspedisi Kerukunan Merah Putih (EKMP) ke-4 di Puncak Cycloop pada tanggal 16-18 Agustus 2021 yang diselenggarakan oleh CPA Hirosi Papua dan didukung oleh Korem 172/PWY dan BKSDA Papua.

Ekspedisi tersebut secara resmi dilepas oleh Danrem 172/PWY yang diwakili oleh Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 172/PWY Kolonel Inf Fitriana Nur Heru Wibawa SE bertempat di Lapangan Yonif RK 751/VJS di Sentani, Kabupaten Jayapura Papua, Senin (16/8/2021).

Ekspedisi yang diikuti sebanyak 62 orang ini bertujuan mendukung misi perlindungan Cagar Alam Cycloop, merawat kerukunan, dan sukseskan PON XX Papua Tahun 2021 serta pengibaran Bendera Merah Putih dan Upacara Peringatan ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam pendakian ke Puncak Cycloop diketinggian 2.034 MDPL ini ditempuh selama 13-17 jam dengan melewati 3 pos persinggahan dan melewati medan mayoritas curam serta hutan primer sebelum sampai di puncak atau basecamp.

Baca juga: Sediakan 1.200 Dosis, LDII Sulsel Kerja Sama Kodam XIV Hasanuddin Gelar Vaksinasi Massal

Sebelum melakukan pendakian panitia telah mengantongi ijin simaksi dari BKSDA Papua dan peserta disyaratkan sudah mengikuti vaksinasi Covid-19, swab antigen, serta medical check up dari dari petugas kesehatan Yonif RK 751/VJS sehingga hanya peserta yang dinyatakan layak dan sehat yang dapat mengikuti EKMP ke-4 ini.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini selain upacara peringatan HUT RI ke-76 juga diisi dengan materi wawasan kebangsaan, kerukunan, renungan, inspirasi, kemandirian serta sekolah cinta alam.

LDII Jayapura

Apresiasi Keterlibatan LDII

Sementara itu Marshall Suebu SSos MSi selaku pembina EKMP ke-4 dan ketua CPA Hirosi Papua menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk cinta kita terhadap bangsa dan negara, cinta terhadap lingkungan dan sesama sehingga dapat hidup rukun, damai, dan penuh toleransi dalam kebhinekaan sebagaimana cita-cita para pendiri negara.

“Kami sangat mengapresiasi LDII karena telah mendukung kegiatan ini, tekun beribadah, dan memiliki karakter yang baik serta mendukung upaya kerukunan dan kedamaian,” tambah tokoh pemuda Jayapura tersebut.

Menurut salah satu peserta dari generus LDII, Fuad Jordan mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, dirinya telah mendapatkan pengalaman, ilmu, wawasan, dan pengetahuan yang luar biasa.

Baca juga: Warga LDII Kota Kaimana Gelar Wisata Keluarga dengan Prokes Ketat

Wujud Bela Negara LDII

Sementara itu Sekretaris DPD LDII Kabupaten Jayapura Desri Eko Winasis SE yang mengikuti EKMP ke-4 ini mengatakan, “Kegiatan ini merupakan peran aktif dari LDII sebagai wujud bela negara dengan mengikuti Upacara Peringatan ke-76 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Puncak Cycloop, puncak tertinggi di tanah Tabi,” katanya.

Selain itu, mendukung upaya konservasi dalam melindungi CA Cycloop, membumikan kerukunan dan kedamaian di tanah Papua, Indonesia, maupun dunia, serta menyukseskan penyelenggaraan PON XX Papua Tahun 2021 pada oktober mendatang yang aman dan damai.

Saat diberikan amanah untuk memimpin doa, Desri Eko berharap agar pandemi ini semakin melandai sehingga kesehatan pulih, ekonomi bangkit pada akhirnya menjadikan Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh. (dew/LINES)

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.