Senior Persinas ASAD Terpilih Menjadi Ketua IPSI Gunungkidul

  • Bagikan
Persinas ASAD
Ketua IPSI Gunungkidul periode 2021-2025 H Sukadi SIP MM

GUNUNGKIDUL, LINES.id – Musyawarah kabupaten (Muskab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Gunungkidul secara aklamasi memilih H Sukadi SIP MM untuk menjalankan roda organisasi IPSI Kabupaten Gunungkidul periode 2021-2025. Sukadi terpilih menggantikan Sutardi yang habis masa kepemimpinannya.

Muskab dilaksanakan di Aula SMK Negeri 2 Wonosari, Kamis (4/3/2021). Turut hadir Ketua KONI Gunungkidul Drs Jarot Budi Santosa, Ketua IPSI lama Sutardi serta beberapa perguruan pencak silat yang tergabung dalam keanggotaan IPSI Gunungkidul di antaranya Persinas ASAD, PSHT, Tapak Suci, IKS dan Cakra Kembang.

Dalam sambutannya, Jarot Budi Santosa mengkritisi kinerja kepengurusan IPSI lama. Menurutnya kurang maksimal dalam menggerakan roda organisasi, sehingga berdampak pada capaian atlet pencak silat di Kabupaten Gunungkidul. “Lemahnya capaian prestasi atlet pencak silat Gunungkidul ditengarai kurangnya komunikasi antar kepengurusan IPSI sehingga menimbulkan berbagai spekulasi yang kurang menguntungkan bagi atlet,” ujarnya.

Lebih lanjut Jarot berharap, dengan terpilihnya kepemimpinan yang baru, semoga roda organisasi bisa berjalan dengan maksimal, sehingga capaian prestasi atlet pencak silat bisa membawa nama Gunungkidul lebih baik.

Baca juga: Persinas ASAD Jambi Ikuti Kejuaraan Pencak Silat STIE SAK CUP I

Baca juga: Tingkatkan Kapasitas Pengurus, Ketua Persinas ASAD Muaro Jambi Kunjungi Ranting Sungai Gelam

 

Sosok Ketua IPSI Gunungkidul Terpilih

Sementara itu Sukadi mengatakan, “Pencak Silat ini merupakan pusaka leluhur dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan yang di dalamnya memiliki aspek mental spiritual beladiri, seni dan olahraga,” katanya.

Dalam kepengurusan IPSI ke depan pihaknya akan selalu komunikasi mengedepankan pembinaan di antaranya pelestarian, pengembangan, peningkatan kualitas seni dan budaya serta prestasi. “Sehingga harapan ke depan atlet-atlet pencak silat mampu memberikan yang terbaik di kancah persilatan,” harapnya.

Diketahui, H Sukadi merupakan sosok senior di Persinas ASAD yang juga merupakan mantan birokrasi yang namanya sudah dikenal masyarakat luas. Terakhir ia menjabat sebagai Panewu Anom (Sekcam) di Kapanewon Nglipar. Dalam kepemimpinannya, H Sukadi sudah mencanangkan beberapa program untuk memajukan organisasi IPSI Gunungkidul.

“Mandat kepercayaan yang diberikan ini merupakan amanah. Ke depan, diharapkan kita selalu membangun komunikasi dan memberikan informasi antar pengurus dan pihak perguruan yang ada di wilayah Gunungkidul. Khususnya yang tergabung di dalam wadah organisasi IPSI Gunungkidul,” pungkasnya.

  • Bagikan