UMI Persiapkan Mahasiswa Ikuti Program Pertukaran Pelajar dan Studi Lanjut ke LN

pertukaran pelajar
UMI Makassar kembali persiapkan mahasiswa ikuti program pertukaran pelajar dan studi lanjut ke luar negeri.

MAKASSAR, LINES.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar kembali persiapkan mahasiswa ikuti program pertukaran pelajar dan studi lanjut ke luar negeri. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) UMI Makassar via zoom meeting pada Sabtu (10/12/2022).

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor II UMI bidang Keuangan dan Sumber Daya Prof Dr H Salim Basalamah SE MSi. Dalam sambutannya, Prof Salim Basalamah sangat mengapresiasi acara yang diinisiasi KUI.

“Saat ini, menuju internasionalisasi kampus, hal yang perlu diperhatikan adalah komunikasi, jadi anak-anakku yang hadir pada webinar KUI hari ini harus mulai memperhatikan bahasa. Saya sangat mengapresiasi Ibu Wati, Kepala KUI karena menyediakan Webinar Seri KUI ini sebagai wadah dan gerbang UMI menuju internasionalisasi kampus,” ungkap Wakil Rektor II UMI dua periode ini.

Baca juga: Dosen FPIK UMI Latih Petambak Pangkep Membuat Pakan Udang dan Ikan dari Bahan Baku Lokal

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor V UMI bidang Kerjasama dan Promosi Prof Dr Hattah Fattah juga hadir dalam webinar seri 2 KUI untuk memotivasi peserta agar terus mengembangkan kemampuan bahasanya. “Saat ini, UMI telah memiliki program magang ke luar negeri. Untuk itu, kami harus siap untuk menghadapi internasionalisasi kampus,” ujar mantan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI dua periode ini.

Webinar mengangkat tema “Webinar Series on Scholarship Opportunities in UK-Taiwan & Duolingo English Test Info-Session”. Webinar Serie 2 KUI ini dihadiri oleh 250 peserta yang berasal dari kalangan dosen dan mahasiswa, baik itu mahasiswa UMI maupun dari luar kampus UMI.

Webinar diisi oleh dua pemateri yang memiliki pengalaman studi luar negeri. Pembicara pertama Ir Tharirah Arif ST MSc adalah alumni program studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UMI dan pembicara kedua adalah Ismi Citra Fahriana SS MA alumni Sastra Inggris Fakultas Sastra UMI.

Thahirah mengatakan, sebisa mungkin para mahasiswa yang masih kuliah untuk semaksimal mungkin bisa ikut lomba. Hal ini, ujar Tahira, akan menjadikan CV pelamar beasiswa memiliki nilai tambah.

Di sisi lain, Citra mengatakan, untuk kuliah di luar negeri, para mahasiswa harus beradaptasi dengan kegiatan reading. Kebiasaan membaca yang luas akan memberikan kemudahan dalam menempuh kehidupan akademik di luar negeri.

Baca juga: Dosen UMI Gelar Pelatihan Sistem Administrasi Pemerintahan pada Aparat Desa Pucak

Selain bahasa, yang bisa dipelajari dari negara tempat belajar adalah budaya dan sikap menentukan pilihan serta saling menghormati budaya lain. “Tentang budaya dan kebiasaan, kita perlu tahu, mana yang bisa kita ambil seutuhnya, mana yang bisa untuk kita tinggalkan,” pesan Citra kepada mahasiswa calon pertukaran pelajar dan mahasiswa yang akan studi lanjut.

Kepala KUI UMI Setyawati Yani PhD mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat membuka wawasan dan menjaring mahasiswa UMI yang berminat mengikuti program pertukaran pelajar serta studi lanjut terutama di Taiwan dan Inggris. “Jangan ragu, silahkan ke KUI UMI untuk menanyakan lebih lanjut, mencari informasi terkait pertukaran pelajar,” kuncinya.

Webinar ini adalah serie 2 dari rangkaian webinar series KUI UMI. Serie 1 telah dilaksanakan pada 24 September 2022 lalu.

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.