LP2S UMI Gelar Sertijab Kepala dan Sekretaris

LP2S UMI
Rektor UMI Prof Basri Modding (Foto: medcom.id)

MAKASSAR, LINES.id – Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) menggelar serah terima jabatan (sertijab) kepala dan sekretaris di ruang rapat LP2S lantai 3 Menara UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Senin (11/4/2021).

Serijab yang berlangsung sederhana ini disaksikan langsung oleh Rektor UMI Prof Dr Basri Modding SE MSi didampingi Wakil Rektor (WR) I Dr Ir Hanafi Ashad ST MT IPM, WR III Dr Nasrullah Arsyad SH MH dan WR V Prof Dr Ir Muh Hattah Fattah MS.

Sertijab berlangsung antara Pjs Kepala LP2S yang sebelumnya dijabat oleh Prof Hattah Fattah. Kini Prof Dr Baharuddin Sammaila MSi mantan Direktur Program Pascasarjana UMI, resmi memimpin LP2S UMI. Dengan demikian, Prof Baharuddin Sammaila adalah pejabat ke-12 Kepala LP2S UMI.

Lalu sertijab secara fisik ini antara mantan Sekretaris LP2S Dr Ir Lamatinulu (Dekan FTI Definitif) kepada Prof Dr Ir Andi Aladdin MT IPM (mantan kepala Laboratorium Teknik Kimia FTI UMI).

Baca juga: Perkuat Silaturahim, Keluarga Besar Rektor UMI Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim

Dalam sambutannya, Rektor UMI mengungkapkan, di perguruan tinggi yang maju di Indonesia maupun di dunia, hasil kaya penelitiian inovatif dan kreatif itu banyak dilahirkan oleh lembaga penelitian kampus.

“Temuan kreatif dan inovasi itu banyak lahir dari lembaga penelitian perguruan tinggi, jadi LP2S juga harus demikian. Ke depan, harus terintegrasi ke fakultas dan unit-unit lain agar bisa didorong ke pengabdian,” ungkap Prof Basri Modding.

“Kita mulai merumuskan dan mengkoordinir unit-unit lain. Yang paling pemting juga outcomenya bisa dinikmati oleh mahasiswa dan kita semua, khususnya soal kesejahteraan. Juga perlu ada kerja sama dengan Pemda. Hasilnya ke depan LP2S juga menjadi profit centre. Karena UMI adalah satu-satunya PTS di Indonesia yang diberi kepercayaan menggelar PEKERTI dan AA,” sambungnya.

Semetara tu, Pjs Kepala LP2S UMI demisioner Prof Hattah Fattah menjelaskan, pejabat LP2S kali ini merupakan sesuatu yang spesial sebab ketua dan sekretaris adalah dua orang Guru Besar di UMI.

“Hari yang berbahagia karena telah ada pejabat definitif dan LP2S dipimpin oleh guru besar. Ini penting untuk menjawab karena tantangan kita ke depan cukup berat misalnya dengan penelitian harus yang berbasis IT maju. Oleh karena itu diperlukan riset dengan kolaborasi internasional. Karena ini syarat untuk memacu akreditasi internasional,” sebutnya.

Baca juga: Berbagi di Bulan Ramadan, MT Ukhuwah UMI Sasar Pesantren Darul Mukhlisin

Sementara itu, pejabat definitif mengaku optimis bisa meberikan yang terbaik untuk UMI lewat jabatan barunya yang diemban (LP2S) meskipun, katanya, ia sempat kaget ketika menerima surat untuk dilantik sebagai Kepala LP2S UMI.

“Saya sebelumnya tidak membayangkan. Jadi tiba-tiba ada undangan datang untuk dilantik besok. Setelah saya terima undangan itu, saya langsung berpikir ini adalah pekerjaan berat. Tapi setelah yang lihat sekretaris dan kapus-kapusnya ini, saya jadi semakin yakin bahwa saya bisa,” bebernya.

“Yang paling tidak kalah penting adalah bagaimana desiminisasi ke depan. Selanjutnya bentuknya webinar dan seminar jadi membahas penelitian agar bagaimana bisa memberikan manfaat ke masyarakat,” sambun Prof Bahar, sapaannya.