Membanggakan! Dosen Fakultas Sastra UMI Raih Penghargaan SPADA Award LLDikti IX

Dosen UMI
Dosen Fakultas Sastra UMI meraih SPADA Award LLDikti IX, Rabu (22/12/2021)

MAKASSAR, LINES.id – Dosen Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI) Umar Mansyur SPd MPd berhasil mencatatkan diri sebagai nominator Dosen Inovatif dalam Pembelajaran Daring.

Berkat prestasinya itu, Dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FS UMI ini diganjar penghargaan bergengsi berupa SPADA Award dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) IX .

Penghargaan itu diserahkan oleh Kepala LLDikti IX Sultanbatara Prof Dr Jasruddin Daud MSi dalam acara Apresiasi SPADA Award dan sosialisasi LLDikti IX di Hotel Claro, Jalan AP Pettarani, Makassar, Rabu (22/12/2021) malam.

“Ini merupakan sebuah kesyukuran atas raihan tersebut. Apalagi bisa mewakili UMI sebagai salah 1 dari 10 nominasi dosen inovatif pembelajaran daring terbaik. Tentunya ini tidak terlepas dari dukungan Pimpinan UMI, Rektor, Pimpinan Fakultas Sastra, hingga prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,” katanya.

Baca juga: Mahasiswa Sastra Inggris UMI Praktek Lapang English For Guide di Toraja

Ke depannya, kata Akademisi yang memanfaatkan YouTube sebagai sarana ajar ini, capaiannya bisa memberikan inspirasi bagi banyak dosen di berbagai kampus, khususnya dosen muda di UMI.

“Penghargaan kepada perguruan tinggi dan dosen dalam pelaksanaan pembelajaran daring seperti ini sudah sepatutnya dilakukan sebagai bentuk apresiasi bagi pihak yang terlibat dan melibatkan diri dalam menciptakan sebuah sistem pembelajaran daring, khususnya sejak masa Pandemi Covid-19 bermula,” bebernya.

“Dan sebuah kesyukuran yang luar biasa karena UMI, terutama Rektor dan jajarannya, telah berhasil menciptakan Learning Management System (LMS) yang bernama KALAM UMI,” sambung akademisi yang saat ini tengah sibuk dengan kegiatan pengabdian masyarakat tentang media evaluasi pembelajaran daring bagi guru.

Dari sini, disebutkan Umar Mansyur, ia mencoba membuat dan mengembangkan berbagai media dan konten pembelajaran berbasis multimedia, mulai dari video materi pembelajaran, tutorial dan modul kuliah, maupun media pembelajaran interaktif, seperti YouTube, canva, quizizz, google sites dan sebagainya. Ini kelak yang menghantarnya meraih SPADA Award.

Baca juga: Promosi Doktor UMI, Muthahhir Arif Raih Gelar Doktor dari New York Amerika Serikat

“Semuanya itu saya integrasikan ke dalam kelas mata kuliah saya di Kalam UMI. Selain dalam kegiatan pembelajaran, saya juga melakukan penelitian tentang problematika pembelajaran daring menurut perspektif mahasiswa di masa pandemi Covid-19, serta kegiatan pengabdian masyarakat tentang evaluasi pembelajaran daring bagi guru di Pesantren Wihdatul Ulum binaan UMI Kabupaten Gowa,” imbuhnya.