Silaturahim LDII Kota Makassar dengan Anggota DPR RI, Diskusi Kemaslahatan Umat

ldii kota makassar
Pengurus DPD LDII Kota Makassar bersilaturahim dengan Anggota Komisi VI DPR RI H M Rapsel Ali di kediamannya, Senin (6/3/2023).

MAKASSAR, LINES.id – Pesantren memiliki kontribusi besar dalam pembangunan daerah melalui kegiatan pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat. Bahkan pesantren ikut bertanggung jawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang memiliki ilmu pengetahuan yang handal dilandasi iman dan takwa yang kokoh.

Hal itu selaras dengan delapan kontribusi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) untuk bangsa dalam hal pendidikan dan dakwah. LDII sebagai ormas Islam menjadikan pesantren sebagai tempat melakukan upaya pendidikan karakter mencetak tri sukses pembinaan santri yaitu santri yang berilmu, berakhlak karimah dan santri yang mandiri.

“LDII menyiapkan santri melalui pendidikan Alquran dan Alhadis di pesantren, mereka inilah yang nantinya terjun ke tengah masyarakat sebagai pendakwah,” kata Ketua DPD LDII Kota Makassar Asdar Mattiro SSos saat bersilaturahim dengan Anggota Komisi VI DPR RI H M Rapsel Ali, Senin (6/3/2023).

Baca juga: Rapat Kerja LDII Kota Makassar, Fokus Penyusunan Program Kerja

Asdar berharap lulusan santri di bawah naungan LDII tidak hanya cerdas secara ilmu dan teknologi, akan tetapi juga cerdas dalam ilmu agama, “Boleh dikata sebagai generasi profesional religius,” imbuh Asdar.

Diskusi ini makin menarik, karena H M Rapsel Ali sebagai Anggota Komisi VI DPR RI sangat konsen dalam pembinaan umat dan pendidikan Islam. “Kami diskusi bagaimana caranya untuk pengembangan pesantren dalam naungan LDII. Tamatan pesantren kami sudah banyak yang tersebar di seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat terutama dalam mengentaskan buta baca quran,” ujar Asdar.

Silaturahim berlangsung di kediaman Rapsel Ali Jalan Bonto Mangape, Makassar. Pengurus DPD LDII Kota Makassar yang hadir terdiri dari ketua Asdar Mattiro SSos, wakil ketua Dr Muamar Asykur MPd MA, Dr Mira Nila Kusuma Dewi SH LLM MKn dan sekretaris Muh Khaerul Nur SFarm MKes.

Diketahui, periode awal Rapsel Ali menjabat dari tahun 2019 hingga 2021 (saat diberitakan) selama 2 tahun itu, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem ini telah menyalurkan total Rp1,3 miliar bantuan untuk pembangunan maupun renovasi masjid dan pondok pesantren di daerah pemilihannya yakni Sulsel 1 meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Bantaeng, Jeneponto dan Selayar.

Baca juga: BERITA FOTO: LDII Hadiri Undangan Kemenag Kepulauan Yapen, Rapat Menyambut Bulan Ramadhan

“Kalau berkaitan dengan kemaslahatan umat, apalagi untuk kemajuan pendidikan Islam, kami siap bersinergi dengan LDII Kota Makassar,” tandas Rapsel Ali yang juga anak mantu dari Wapres KH Ma’ruf Amin.

Dalam kesempatan itu pula, tiga orang yang mendampingi Ketua LDII Kota Makassar ikut aktif dalam diskusi tersebut dengan topik yang berbeda namun tetap dalam bingkai seputar partisipasi masyarakat Islam dalam pembangunan bangsa. Misalnya edukasi hukum masalah produk sertifikat halal, beasiswa santri, pemberdayaan pondok pesantren dan panti asuhan.

“Diskusi ini perlu dibicarakan kembali secara teknis. Agar manfaatnya segera dirasakan masyarakat luas, khususnya masyarakat Kota Makassar,” pungkas Rapsel Ali yang dikenal low profile ini.

Follow Berita Lines Indonesia di Google News.

Follow Channel WhastApp Lines Indonesia di WhastApp.