Silaturahim LDII Jawa Timur-PW Muhammadiyah Bahas Kemaslahatan Umat

  • Bagikan
LDII Jawa Timur
Silaturahim pengurus DPW LDII Jawa Timur ke kantor PW Muhammadiyah, Jumat (19/11/2021)

SURABAYA, LINES.id – Jajaran pengurus harian DPW LDII Jawa Timur silaturahim ke Kantor PW Muhammadiyah, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (19/11/2021). Dipimpin Ketua DPW LDII Jawa Timur KH Moch Amrodji Konawi diterima langsung oleh Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur KH Saad Ibrahim.

Dalam kesempatan itu, Amrodji menyampaikan silaturahim LDII ke Muhammadiyah dalam rangka menjalin ukhuwah Islamiyah dan membahas kepentingan kemaslahatan umat ke depan. “Kami menganggap Muhammadiyah seperti saudara tua kami. Oleh karena itu kami juga belajar dari saudara tua kami (Muhammadiyah),” kata Amrodji.

Menurut Amrodji, menjaga ukhuwah Islamiyah penting dilakukan di era digital. Maraknya berita bohong yang berisiko menimbulkan konflik dan perpecahan memerlukan tabayyun.

Baca juga: Pluralitas Masyarakat Indonesia, Ketum LDII: Umat Islam Harus Kedepankan Nasionalisme

“Apalagi saat ini ada beberapa kelompok yang berusaha mengadu domba untuk memecah belah antar umat Islam di Indonesia. Namun apabila umat Islam seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan LDII terjalin ukhuwah Islamiyah yang kuat maka sulit untuk dipecah belah,” ujar Amrodji.

Amrodji menambahkan, menjaga keutuhan NKRI masuk dalam 8 program prioritas LDII. Di antaranya bidang kebangsaan, keagamaan, pendidikan, ekonomi syariah, pertanian dan lingkungan hidup, kesehatan dan pengobatan herbal, informasi dan teknologi, serta energi baru terbarukan.

Senada dengan LDII, Ketua PW Muhammadiyah KH Saad Ibrahim, mengatakan dalam hal membina umat tidak mungkin diselesaikan oleh satu-dua ormas Islam akan tetapi harus diselesaikan bersama-sama.

Baca juga: LDII Papua Gelar Sosialisasi Hasil Rakornas Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI VII

“Masalah perbedaan pasti ada, jika tidak ada perbedaan maka tidak ada eksistensinya. Maka untuk masalah akidah singkirkan dulu lebih baik mendahulukan kepentingan umat,” kata KH Saad.

KH Saad mengatakan, Muhammadiyah juga perlu belajar dari saudara yang muda. Mana yang baik dapat diterapkan dan disempurnakan agar lebih baik.

“Saya mengamati solidaritas warga LDII itu sangat kuat dan ketuanya ke mana-mana selalu melibatkan generasi muda. Hal ini dapat dicontoh oleh Muhammadiyah,” ungkap KH Saad.

Di akhir pertemuan itu, KH Saad Ibrahim berjanji akan silaturahim ke kantor DPW LDII Jawa Timur agar ukhuwah Islamiyah terus terjalin.

  • Bagikan