Pencerahan Qalbu Mahasiswa, Rektor UMI Paparkan 4 Skill Era 5.0

  • Bagikan
Pencerahan Qalbu
Rektor UMI Prof Dr Basri Modding SE MSi saat mengisi materi pencerahan qalbu, Kamis (21/1/2021)

MAKASSAR, LINES.id – Pesantren Mahasiswa Darul Mukhlisin Universitas Muslim Indonesia (UMI) Padanglampe menyelenggarakan kegiatan pencerahan qalbu secara virtual di bawah koordinasi LPDKI UMI, Kamis (21/1/2021).

Rektor UMI Prof Dr H Basri Modding SE MSi membawakan materi terkait empat skill yang dibutuhkan di era revolusi industri 5.0.

Menurut Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini, keempat skill tersebut di antaranya leadership skill, linguistic skill, IT skill, dan writing skill.

“Setelah kita menjadi mahasiswa, akan hadir ditengah-tengah masyarakat. Saat ini generasi 5.0 dituntut menguasasi sejumlah kemampuan. Jika tidak, maka akan susah bersaing di tengah masyarakat,” ungkap Prof Basri Modding.

Baca juga: ‘Peduli Bencana’ MT Ukhuwah UMI Bantu Korban Gempa Sulbar

Baca juga: Workshop OBE Usai, Persiapan UMI untuk Akreditasi Internasional Makin Mantap

 

Kemampuan yang pertama, lanjut Prof Basri Modding, adalah leadership skill atau kemampuan memimpin. “Di era 5.0, mahasiswa dituntut untuk memiliki jiwa kepemimpinan agar ketika terjun ke masyarakat bisa menjadi contoh dan bersikap solutif,” katanya.

Selanjutnya, kata Mantan Direktur Program Pascasarjana UMI ini, yakni kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Makin luasnnya cakupan interaksi sosial dan kebutuhan informasi yang tidak dibatasi lagi dengan wilayah negara, semua orang dituntut menguasasi bahasa asing.

“Ketiga adalah Kemampuan IT. Hari ini semua aktivitas kita dilakukan lewat teknologi. Kalau dulu kita mau pesan makanan masih lama, sekarang hanya dalam waktu 30 menit sudah ada. Kita harus mengikuti perkembangan dengan IT, apalagi ditambah dengan hadirnya Artificial Intelegence dan yang terakhir adalah Writing Skill atau keterampilan menulis,” bebernya.

Terpantau, kegiatan yang dipandu Kepala UPT PKD Dr HM Ishaq Shamad MA ini diikuti kurang lebih 700 peserta dari berbagai fakultas lingkup UMI.

  • Bagikan

Comment