oleh

FKG UMI Peringati HKGN, Gelar Sosialisasi Kesehatan Gigi dan Webinar Nasional

MAKASSAR, LINES.id – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar webinar Kesehatan Gigi yang berlangsung secara virtual, Sabtu (9/1/2021) hingga Minggu (10/1/2021).

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama antara FKG UMI, Unilever Indonesia, dan Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut FKG UMI ini merupakan bagian rangkaian dari peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2020.

Even yang berlangsung setiap tahun ini diikuti 844 peserta di antarannya para dokter gigi, mahasiswa kedokteran gigi, dan masyarakat umum. Selain webinar, FKG UMI juga melakukan sosialisasi kesehatan mulut dan gigi bagi anak.

Webinar yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan 4 narasumber. Dua narasumber per-hari dengan topik bahasan yang berbeda sekaitan dengan kesehatan gigi dan mulut.

Dalam sambutannya, Dekan FKG UMI Prof drg H Dharmautama PhD SpPros (K), mengungkapkan kegiatan ini seharusnya berlangsung sejak bulan Desember 2020 sebagai rangkaian Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN), namun terdapat sejumlah kendala. Sehingga kegiatan ini terpaksa ditunda.

Baca juga: Mantan Dekan FKM UMI Naik Banding, Ini Putusan PT TUN

Baca juga: Revitalisasi Sungai Pampang, Komitmen UMI Tingkatkan Kemaslahatan Umat

 

“Kegiatan ini digelar sedianya berlangsung pada tanggal 22 desember, namun dikarenakan sesuatu dan lain hal sehingga diundur pada hari ini. Pada dasarnya kegiatan ini untuk 2020 namun kita laksanakan di 2021,” paparnya.

Prof Dharmautama menjelaskan, FKG UMI telah banyak mendapat kepercayaan dari banyak elemen, khususnya bidang kesehatan gigi dan mulut. Sehingga, hal ini wajib dijaga oleh FKG UMI.

“Ini adalah kepercayaaan yang baik sehinga kami senantiasa akan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia dan Indonesia Timur khususnya, bekerjasama bahu membahu untuk mewujudkan impian kita,” paparnya.

Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar

Sementara itu, Rektor UMI yang diwakili Wakil Rektor V Prof Dr Ir Hattah Fattah MS mengungkapkan, meskipun terbilang masih sangat muda, bahkan yang termuda di UMI, FKG UMI telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat umum dan intitusi UMI khususnya.

“Kita berharap, ke depannya FKG UMI bisa meraih capaian-capaian seperti capaian yang sudah dilakukan oleh fakultas lain yang telah lebih lama hadir di UMI,” bebernya.

Sebagai Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Promosi UMI menyebutkan, saat ini sistem pendidikan lewat Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar membuka peluang perguruan tinggi membuka kerjasama lebih luas.

Baca juga: Mengawali Tahun 2021, UMI Gelar Dzikir dan Doa Bersama

Baca juga: UMI Lolos 4 Besar Lomba Voli Putra Virtual, Satu-satunya dari Indonesia Timur

 

Kali ini, kata Prof Hattah, lewat FKG UMI Unilever menjadi salah mitra penting UMI untuk pengembangan dan kemajuan pendidikan dan kebermanfaatan bagi masyarakat secara luas.

“Kerjasama ini bisa perluas pada kesempatan bisnis unilever maupun dunia pendidikan. Sebab tuntutan sistem pendidikan saat ini terkait kampus merdeka dan merdeka belajar yang membuka peluang perguruan tinggi untuk bekerjasama dengan berbagai pihak untuk kemajuan institusi pendidikan,” tutur Guru Besar FPIK UMI itu.

Dalam kesempatan itu, terpantau hadir dan memberikan sambutan juga di antaranya Head of sustainability beauty personal care and home care Unilever Indonesia Foundation, drg Ratu Mirah Afifah, GCClindent., MDSc dan Ketua Pengurus PDGI Sulselbar Dr drg Asdar Gani MKes.

Webinar pada hari pertama kali ini mengangkat tajuk ‘Dental Practice in New Normal’ yang menghadirkan dua narasumber Dekan FKG UMI Prof Dharma Utama lewat materi ‘Perawatan Prostondontik di Masa New Normal’.

Narasumber ke dua yakni ‘Penanganan Dasar Komplikasi Bedah Mulut bagi Dokter’ yang dibawakan oleh Candidate Kagoshima University Japan dan Staf Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG UMI UB drg Fredy Mardiantoro Sp BM.

Komentar

News Feed