oleh

Ini Dia Profil Ketua Umum MUI Miftachul Akhyar

JAKARTA, LINES.id – Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa bakti 2020-2025 dalam agenda Musyawarah Nasional (Munas) X MUI, di Jakarta.

Miftachul Akhyar mempunyai rekam jejak pendorong transparansi dalam hal penanganan Covid-19 sejak awal pandemi serta peduli pada pencerahan umat. Ia menjadi Ketua Umum MUI ke-8 sejak organisasi ini berdiri pada 1975 menggantikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang bergeser posisi ke kursi Ketua Dewan Pertimbangan MUI.

Miftachul selama ini dikenal sebagai kiai kharismatik dan berpengaruh di kalangan warga Nahdhatul Ulama (NU). Pria kelahiran Surabaya, 1 Januari 1953, itu saat ini masih menjabat sebagai Rais Aam PBNU sejak 2018.

Jabatan itu ia emban usai menggantikan posisi Ma’ruf Amin yang memutuskan maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019 lalu. Kini, Miftachul pun menjadi pengganti Ma’ruf di kursi Ketua Umum MUI.

Baca juga: Miftachul Akhyar Resmi Jabat Ketua Umum MUI

Baca juga: FKUB Kota Cimahi Verifikasi Akhir Pendirian Gereja Betani

 

Diketahui, Ma’ruf Amin adalah Ketua Umum MUI masa bakti 2015-2020. Namun, setelah menjabat sebagai Wakil Presiden RI periode 2019-2024 ia menjadi ketua umum nonaktif di MUI pusat.

Profil Miftachul Akhyar

Dilansir CNNIndonesia, Miftachul atau Kiai Miftah adalah sosok yang akrab dengan lingkungan NU sejak usia belia. Sebab, ia lahir dan besar dari tradisi keilmuan dan mengabdi dalam kepengurusan Nahdlatul Ulama sejak muda.

Dia merupakan anak seorang kiai NU pengasuh Pesantren Tahsinul Akhlaq Rangkah, Surabaya bernama Abdul Ghoni. Saat muda, ia tercatat pernah belajar di pelbagai pesantren NU seperti Pesantren Tambak Beras, Pesantren Sidogiri, hingga Pesantren Lasem di Jawa Tengah.

Di kepengurusan NU, Miftah mengawalinya dari struktur kepengurusan terendah. Ia tercatat pernah menjabat sebagai Rais Syuriyah PCNU Surabaya 2000-2005, Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur 2007-2018 hingga naik menjadi Wakil Rais Aam PBNU. Jabatan Rais Aam diketahui sebagai titik tertinggi di PBNU.

Mengikuti jejak sang Ayah..

Komentar

News Feed