oleh

Pengabdian Masyarakat Dosen FKM UMI, Edukasi dan Pelatihan Senam Nifas bagi Kader

TAKALAR, LINES.id – Tim Dosen PS DIII Kebidanan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) melaksanakan pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi dan pelatihan senam nifas bagi kader, Senin (2/11/2020).

Pengabdian masyarakat ini dilakukan di desa binaan UMI desa Paddinging Kec. Sanrobone, Kab. Takalar.  Terdiri dari Ketua Tim Dosen PS DIII Kebidanan FKM-UMI, Andi Masnilawati SST MKes dan anggota dr Evi Istiqamah MBiomed.

Kegiatan ini dilatarbelakangi masalah kesehatan yang terdapat di Desa Paddinging yaitu ibu nifas dan menyusui belum mengenal tentang senam nifas. Selain itu bidan belum menemukan cara untuk memantau dan mendampingi ibu nifas saat melakukan senam nifas.

Baca juga: Asesmen Lapangan Daring, PPAk FEB UMI Sambut Tim Asesor BAN-PT

Baca juga: Seminar Internasional KUI UMI Hadirkan Pembicara Asia-Eropa

 

FKM UMI
Praktik senam nifas

Maka, melalui pengabdian Tim Dosen PS DIII Kebidanan FKM UMI ini diharapkan menjadi salah satu upaya meningkatkan derajat kesehatan ibu nifas dalam mencegah komplikasi pada masa nifas. Serta mempercepat pemulihan kondisi tubuh ibu setelah melahirkan pada kondisi semula.

Adapun peserta kegiatan ini adalah kader kesehatan sebanyak 4 orang dan kader posyandu sebanyak 20 orang. Kegiatan didampingi langsung oleh Kepala Desa Sitti Ameliyah Manggarisi SE dan bidan desa.

Setelah kegiatan ini diharapkan kader di wilayah desa Paddinging yang sudah terlatih mampu mendampingi ibu nifas untuk melakukan senam nifas di rumah.

Komentar

News Feed