oleh

Pilihan Investasi dengan BLT Subsidi Gaji Rp2,4 Juta

JAKARTA, LINES.id – Pemerintah tengah menjalankan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji untuk pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta. Tujuannya, untuk mengurangi beban ekonomi kalangan pekerja menengah di tengah pandemi Covid-19.

Melalui program ini, pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp2,4 juta kepada penerima dalam dua tahap, masing-masing Rp1,2 juta per pencairan. Apabila memenuhi kriteria, bantuan ini bisa langsung masuk rekening penerima.

Jika dilihat dari pagunya, nominal Rp2,4 juta mungkin tidak terlalu besar bagi pekerja bergaji Rp5 juta, karena belum mencapai setengahnya. Jumlahnya pun tak sebanding dengan ‘bonus’ dari perusahaan yang biasanya sebesar satu kali gaji.

Tapi, kalau dibilang sedikit, mungkin tidak juga. Pasalnya, dana Rp2,4 juta sebenarnya tetap bisa dimaksimalkan bila tepat mengelolanya.

Dilansir CNNIndonesia.com, perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho membagi kiat untuk memaksimalkan penggunaan dana tersebut. Menurutnya, prinsip penggunaan dana ini sebenarnya sama dengan gaji bulanan, meski datangnya secara tiba-tiba dan hanya sekali saja, sehingga tidak seperti gaji bulanan.

Baca juga: Perhatikan Syarat Ini Supaya Lolos Verifikasi BLT UMKM Rp 2,4 Juta

Baca juga: Biden Menang Pilpres AS, Rupiah Terus Menguat

 

“Artinya bukan berarti karena ini bonus yang sekali datang, jadi dipakainya untuk foya-foya, untuk ‘jajan’ saja, dan lainnya. Jadi tetap harus bijak membelanjakan dan mengelolanya,” kata Andi, Jumat (13/11/2020).

Prioritas Penggunaan Dana

Maka dari itu, buatlah prioritas penggunaan dana berdasarkan jenis kebutuhan. Mulai dari yang mendesak dan wajib hingga yang tidak terlalu penting. Berikut urutannya:

1. Penuhi kebutuhan harian

Menurut Andi, bantuan ini sejatinya merupakan tambahan dari pemerintah untuk mencukupi pengeluaran masyarakat kelas menengah di tengah pandemi. Dengan begitu, dana ini bisa digunakan pertama kali untuk memenuhi kebutuhan harian, seperti makan, minum, vitamin, dan lainnya.

“Jadi bisa untuk penuhi makan pokok sehari tiga kali, tapi mungkin tidak dengan foya-foya ya, order delivery ini itu, kurangi unsur mewahnya, apalagi hanya untuk beli kopi kekinian setiap hari, yang penting cukup dulu untuk makan,” ucap Andi.

Dana juga bisa digunakan untuk kebutuhan penunjang, misalnya membayar kuota internet. Maklum, saat ini masih banyak pekerja kelas menengah yang bekerja dari rumah (work from home/WFH). Begitu juga dengan kuota internet untuk anak yang belajar dari rumah.

2. Bayar utang

Nah, kalau kebutuhan harian sudah dipenuhi, dana ini bisa dipakai untuk pemenuhan kebutuhan mendesak lain seperti membayar utang.

Meski bukan dana rutin…

Komentar

News Feed