oleh

Catat! Ini Jadwal Pencairan Termin II BLT Karyawan Rp 600 Ribu

JAKARTA, LINES.id – Melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 14 Tahun 2020, bagi pekerja/buruh akan mendapatkan program subsidi gaji/upah Rp 600 ribu per bulan untuk yang bergaji di bawah Rp 5 juta. Program tersebut bertujuan untuk menjaga daya ekonomi karyawan yang terdampak pandemi Covid-19.

“Realisasi penyaluran BLT Karyawan termin I per 23 Oktober telah mencapai 12.192.927 orang pekerja/buruh. Atau kalau dipersentase sudah mencapai 98,3% atau senilai Rp 14,6 triliun,” ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam keterangan pers dari Graha BNPB, Jakarta, Senin (27/10/2020).

Lalu, kapan penyaluran BLT Karyawan termin II bakal dilakukan? Ida memberikan penjelasannya.

“Kemudian penyaluran termin II ditargetkan akan dimulai pada minggu pertama November 2020. Saya sampaikan dibagi menjadi dua termin, Termin I untuk dua bulan subsidi gaji Rp 1,2 juta, termin II Rp 1,2 juta untuk November dan Desember,” kata Ida.




Baca juga: Cukup Dua Syarat, Dapat BLT Rp600 Ribu di Tengah Corona

Baca juga: Perhatikan Syarat Ini Supaya Lolos Verifikasi BLT UMKM Rp 2,4 Juta

 

Lebih lanjut, politikus PKB itu mengaku menyaksikan sendiri para pekerja/buruh yang mendapatkan program subsidi gaji/upah merasakan kehadiran negara di tengah kondisi pengurangan gaji/upah.

“Subsidi ini menggunakan uang pemerintah bersumber dari APBN, tidak bersumber dari uangnya pekerja yang ada di BPJS Ketenagakerjaan. Artinya tidak mengurangi manfaat apapun, sama sekali tidak menggunakan uang pekerja yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Ida seperti dilansir CNBCIndonesia.

“Besarnya Rp 600 ribu tiap bulan, selama empat bulan. Termin I sudah disalurkan, dan termin II akan disalurkan pada awal November,” lanjutnya.

Komentar

News Feed