oleh

Solusi PJJ, Empat Dosen UNM Kerjasama MIEE Gelar Pelatihan Microsoft 365 di SMAN 1 Tinambung

POLMAN, LINES.id – Empat Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) kerjasama dengan Microsoft Innovative Educator Expert (MIEE) gelar Pengabdian Masyarakat yakni Pelatihan Microsoft 365 di SMAN 1 Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat dengan tema “Pemanfaatan Microsoft 365 sebagai Solusi Pembelajaran Daring” pada 22-25 Oktober 2020.

Empat Dosen yang melaksanakan kegiatan tersebut ialah Lely Novia SPd MHum, Elfira Makmur SPd MPd, Sulmiah SPd MAP, dan Andi Sahtiani Jahrir SPd MPd dan juga narasumber Master Trainer Microsoft Arpiansyah yang diikuti 59 peserta dari latar belakang guru.

Sebagaimana diketahui, ketika Microsoft meluncurkan produk Microsoft 365, seluruh dunia melirik aplikasi digital ini sebagai media pembelajaran jarak jauh (PJJ). Permintaan pelatihan Microsoft semakin besar ketika Pandemi Covid-19 melanda. Secara tidak langsung, pandemi Covid-19 mengubah semua pembelajaran harus berlangsung secara daring.

Pelatihan berlangsung secara luar jaringan (luring) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang terbagi di tiga ruang TIK SMAN 1 Tinambung. Microsoft 365 disambut baik oleh para guru, terlihat mereka sangat antusias saat mengikuti pelatihan.

Kepala SMAN1 Tinambung Semmang SPd MH pun secara bangga mengungkapkan bahwa Microsoft 365 akan menjadi media utama dalam PJJ.




Baca juga: Mahasiswa UNM Pemenang Outstanding Student of Asia Pacific (OSAP) 2020 Competition

Baca juga: Dosen Fakultas Sastra UMI Raih Gelar Doktor di UNM

 

SMAN 1 Tinambung
Pelatihan Microsoft 365 oleh Dosen UNM dan MIEE di SMAN 1 Tinambung.

Hal ini mengantarkan SMAN 1 Tinambung menjadi sekolah yang benar-benar expert dalam pelaksanaan PJJ, karena merupakan sekolah pertama di Sulawesi Barat yang bersedia bekerja sama dalam melaksanakan pelatihan Microsoft 365.

Pelatihan ini memberikan keterampilan kepada guru-guru dalam melakukan pembelajaran sinkron dan asinkron melalui praktik pada fitur-fitur Microsoft 365. Seperti, Microsoft Teams, OneDrive, Office Online, Microsoft Form, dan Microsoft Sway yang akan diterapkan oleh guru berdasarkan materi pembelajaran yang diampu oleh para guru.

Para guru akan diberikan sertifikat bernilai 32 JP sebagai bukti kemampuan dan keterampilannya dalam mengaplikasikan Microsoft 365 ini.

Kesan peserta pelatihan

“Kesan yang kami dapatkan dari pelatihan Microsoft 365 ini sangat luar biasa. Metode PJJ yang lengkap dan menghadirkan narasumber yang hebat. Para guru juga tampak antusias mengikuti pelatihan. Saya berpesan kepada pemateri, terus berbagi ilmu untuk kemajuan bangsa dan negara. Juga untuk para guru, teruslah belajar dan aplikasikan ilmu ini dalam PJJ,” pesan Semmang.

Salah satu peserta pelatihan Nurjimalasari dari ruang I TIK memberikan kesan tentang kegiatan ini adalah singkat, padat, namun menyenangkan. “Semoga ada ruang dan waktu lain untuk bisa bersua kembali membahas berbagai masalah pendidikan yang kita hadapi, lalu sharing dan saling memberi solusi sebagai anak negeri untuk memajukan bangsa dan negara kita, salam pendidikan,” kesannya.




Baca juga: Haru! Lulusan FTI UMI Wisuda Online Sambil Temani Ibu yang Sakit

Baca juga: Sesi II Wisuda UMI, 734 Peserta Wisuda Dikukuhkan

 

“Materi Microsoft 365 begitu rumit awal berjumpa mungkin karena tidak terbiasa dengan fiturnya yang begitu banyak. Tapi alhamdulillah seiring berjalannya waktu, banyak belajar, banyak latihan dan juga banyak bertanya kepada pemateri-pemateri hebat dari Microsoft maupun dari UNM akhirnya step by step bisa mengerti dan bisa menggunakannya. Semoga di sekolah kami SMAN 1 Tinambung sudah bisa memakai Microsoft 365 sebagai solusi pembelajaran daring di semester depan. Jadikanlah pembelajaran daring sebagai suatu tantangan buat diri kita untuk bisa menguasainya. Dan yakinlah jika tantangan itu bisa ditaklukkan maka kita akan bisa menguasainya dan bahkan kita akan merasa nyaman dengannya seperti Microsoft 365. Walau awalnya ribet tapi akhirnya membuat kita nyaman,” ungkap Surianti mewakili peserta dari ruang II TIK.

Agustia mewakili peserta di ruang III TIK mengatakan, “Alhamdulillah dengan adanya pelatihan Microsoft 365 kami semakin semangat untuk lebih mengetahui belajar mengajar dengan menggunakan daring. Terima kasih pihak panitia memprakarsai pelatihan ini terkhusus pribadi ibu Surianti sukses selalu,” katanya . (*)

Komentar

News Feed