oleh

KKP Gelar Kampanye Gemarikan dan Bagikan Minyak Ikan PDO di Pesantren

BANYUWANGI, LINES.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menggelar kampanye gemar makan ikan (Gemarikan) di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi. Kegiatan ini sebagai penguatan dalam menjaga imunitas tubuh para santri, dalam mengantisipasi penularan Covid-19.

Bantuan minyak ikan ”PDO” diserahkan kepada Ponpes terbesar di Banyuwangi ini. Kegiatan ini digelar Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP. Hadir dalam acara tersebut, Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, Machmud, Anggota Komisi IV DPR RI Lulik Nur Hamidah dan perwakilan Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi, Irfan.

Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, Machmud mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari program Gemarikan Peduli Bencana Covid-19 tahap pertama dan kedua KKP. KKP melalui Ditjen PDSPKP bekerja sama dengan Komisi IV DPR RI membagikan ikan tuna, ikan layang, fillet ikan Patin dan minyak ikan ”PDO“ kepada santri di Ponpes Darussalam Blokagung. Total ada 2 ton ikan yang disalurkan.




Baca juga: Bantuan Pembelajaran Daring Cair, KBM di Ponpes Binaan LDII Kabupaten Kediri Semakin Lancar

Baca juga: Syarat Pelaksanaan Pendidikan di Ponpes Saat Wabah

 

“Program Gemarikan tidak hanya untuk peningkatan konsumsi ikan saja, tetapi kami perluas untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 dengan harapan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi ikan,” kata Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, Machmud seperti dilansir samhan radio, Minggu (11/10/2020).

Machmud menilai ikan-ikan dan minyak ikan “PDO ” yang diberikan kepada santri ini mengandung vitamin dan omega 3. Ini diyakini, para santri yang mengkonsumsi ikan ini akan menambah kekebalan tubuh.

Selain itu, program Gemarikan merupakan salah satu upaya KKP untuk mendukung dan memastikan sektor perikanan tangkap dan budidaya serta pengolahan ikan tetap berdaya saing pada situasi pandemi.

“Bersama Komisi IV DPR RI, kami bersinergi membagi Paket Gemarikan ke berbagai daerah dengan memperhatikan protokol kesehatan. Program ini juga untuk penyerapan produk perikanan yang dihasilkan sekaligus mendorong peningkatan konsumsi ikan nasional,” tambah Machmud.




Baca juga: Bantuan Operasional Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Tahap 2 Sudah Cair! Cek Daftarnya di Sini

Baca juga: Rentan Terhadap Wabah Covid-19, Ini yang Harus Dilakukan Pondok Pesantren

 

Santri Ponpes Darussalam

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan simbolis paket yang diterima oleh Dewan Pengasuh PP Darussalam Blokagung Handariatus Magruroh.

“Kami ucapkan terima kasih kepada KKP yang telah terus mengkampanyekan Gemarikan di Ponpes kami. Alhamdulillah Ponpes kami baru saja mendapatkan cobaan Covid-19 tapi semua kita bisa lalui dengan sabar dan tawakal,” ujarnya.

Menurutnya, para santri di Ponpes Darussalam suka makan ikan dan mengkonsumsi minyak ikan. Minyak ikan PDO ini sebagai penambah gizi, suplemen kecerdasan otak dan penambah imunitas tubuh.

“Kalau tidak makan ikan dan mengkonsumsi minyak ikan tidak afdol. Hafalan katanya tidak nyantol kalau belum makan ikan dan mengkonsumsi minyak ikan,” pungkasnya.

Komentar

News Feed