oleh

Usai Teken PKS, Ombudsman Sulbar Cek Langsung Pelayanan Publik di Bawaslu Mamuju

MAMUJU, LINES.id – Usai penandatanganan perjanjian kerjasama Ombudsman, Bawaslu dan KPU Sulbar, Tim Ombudsman RI Sulbar langsung bertolak menuju ke Kantor Bawaslu Kab. Mamuju, Kamis (1/10/2020).

Kunjungan yang sifatnya mendadak tersebut untuk melihat langsung kondisi pelayanan publik dikantor Bawaslu Mamuju di musim pilkada di tengah pandemi Covid-19.

“Kami sengaja datang tanpa ada kontak sebelumnya, agar kami dapat melihat langsung layanan kawan-kawan di Bawaslu Mamuju,” ujar Lukman.

Kedatangan Tim Ombudsman RI Sulbar dipimpin langsung Lukman Umar selaku Pimpinan, dan disambut hangat oleh Ketua Bawaslu Kab. Mamuju Rusdin dan Komisioner Bawaslu Mamuju Faisal Jumalang dan Mustikawati.

Saat dikonfirmasi sejumlah awak media, Lukman Umar menegaskan. Ombudsman Republik Indonesia akan konsisten mengingatkan pemerintah dan penyelenggara pemilu terkait potensi terjadinya maladministratif pelayanan publik.




Baca juga: Ombudsman, Bawaslu dan KPU Sulbar Teken PKS Dorong Pelayanan Publik Berkualitas

Baca juga: Ombudsman Sulbar Tutup Aduan Penundaan Pembayaran Tunjangan Profesi Guru

 

Menurut Lukman, secara substansi sudah ada Bawaslu dan KPU yang mengurusi masalah kepemiluan. Namun demikian kedua lembaga tersebut tidak lepas dari proses penyelenggaraan pelayanan publik.

Bahkan proses Pilkada menggunakan APBN dan APBD, sehingga ada kewenangan Ombudsman untuk memastikan kegiatan tersebut bebas dari tindakan maladministrasi.

“Fokus Ombudsman memantau proses pelayanan publik yang diselengarakan oleh KPU dan Bawaslu. Olehnya setiap dugaan tindakan maladministrasi yang terjadi pada dua lembaga tersebut, bisa dilapor ke Ombudsman,” ungkap Lukman.

Lukman juga berharap, sinergitas dan integritas seluruh pengawas pemilukada tahun 2020. “Semoga bisa melahirkan pemimpin yang peduli terhadap kualitas layanan publik,” pungkasnya.

Komentar

News Feed