oleh

Sidak ke Puskesmas Tampa Padang, Ini Temuan Ombudsman Sulbar

MAMUJU, LINES.id – Tim Ombudsman RI Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan sidak ke Puskesmas Tampa Padang yang ada di Kecamatan Kalukku, Rabu (30/9/2020). Kunjungan yang sifatnya mendadak itu untuk melihat langsung layanan kesehatan yang diterima oleh masyarakat.

“Kami sengaja datang tanpa memberitahukan lebih awal, agar dapat melihat langsung layanan yang ada. Biasanya kedatangan kami seperti ini tenyata bisa mengetahui secara langsung keadaan sesungguhnya di lapangan,” ungkap Lukman Umar.

Selain mengamati layanan kesehatan, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar itu juga menyusur bagian belakang Puskesmas Tampa Padang demi menyaksikan langsung tempat penyimpanan dan pengolahan limbah medis maupun limbah domestik.




Baca juga: Ombudsman Sulbar dan Dinas PMD Polman Bicara Strategi Cegah Tingginya Pengaduan Desa

Baca juga: Ombudsman Sulbar Sambangi TPS Limbah Medis di RSUD Mamuju, Ada Apa?

 

“Pemerintah harus lebih intens memperhatikan pengolahan limbah medis di semua fasilitas layanan kesehatan. Termasuk di Puskemas Tampa Padang ini. Karena kita sama ketahui kalau limbah tersebut bisa membahayakan orang lain,” jelas Lukman Umar.

Tim Ombudsman RI Sulbar juga menemukan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pihak Puskesmas dan Pemerintah Kabupaten Mamuju demi meningkatkan kualitas layanan yang diterima masyarakat sekitar.

“Kami telah mendengar banyak keluhan dan keterbatasan dari pihak Puskesmas Tampa Padang ini. Semoga bisa menjadi atensi buat Pemerintah Daerah Mamuju,” tutup Lukman.

Komentar

News Feed