oleh

Ombudsman Sulbar Sambangi TPS Limbah Medis di RSUD Mamuju, Ada Apa?

MAMUJU, LINES.id –  Tim Ombudsman RI Sulawesi Barat menyambangi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mamuju, Rabu (23/9/2020).

Dalam kunjungannya, lembaga negara yang bertugas mengawasi pelayanan publik tersebut melihat langsung proses pemilahan, penyimpanan dan pengolahan limbah yang tergolong berbahaya tersebut.

Sekarwuni Manfaati selaku asisten Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat (Sulbar) menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan pengambilan data kajian limbah medis yang dilakukan di 22 perwakilan Ombudsman se-Indonesia.




Baca juga: Simalakama Ombudsman Sulbar, Terima Aduan Istri Saling Klaim Dana Pensiun

Baca juga: Warga Keluhkan Pekerjaan Drainase, Ombudsman Sulbar Turun ke Lapangan

 

Ombudsman Sulbar
Tim Ombudsman RI Sulawesi Barat kunjungi TPS limbah medis RSUD Mamuju.

“Ini adalah kajian pusat, karena mengingat banyak persoalan di pengolahan dan pengelolaan limbah medis secara nasional,” kata Sekar.

Dalam kunjungannya itu, Tim Ombudsman RI Sulbar menemukan beberapa kendala yang dihadapi pihak rumah sakit dalam mengelola limbah bahan berbahaya dan beracun tersebut.

“Kita sementara mengidentifikasi beberapa permasalahan di lapangan terkait pengelolaan limbah medis untuk nantinya kami akan teruskan ke pusat dan akan menjadi saran perbaikan kepada rumah sakit atau dalam hal ini pemerintah daerah serta kementerian terkait. Kalau persoalan limbah medis ini tidak dikelola dengan baik, dikhawatirkan nantinya akan menimbulkan masalah baru,” tutup Sekar.

Komentar

News Feed